Browser
Secara default browser yang terinstall di Ubuntu adalah Firefox, tapi kita masih bisa menginstall browser yang lain seperti Chrome atau dalam versi open source disebut Chromium, dan Opera. Untuk browser Firefox saya menambahkan beberapa addons untuk web development.

Source Code Editor
Software yang paling sederhana yang saya gunakan di Ubuntu untuk source code editor yaitu gedit yang syntax highlightingnya mendukung berbagai macam bahasa pemgrogaman.
Ada juga source code editor yang disebut Scite, yang juga mendukung berbagai macam bahasa pemgrograman. Scite sering dipakai sebagai pengganti Notepad++.

Untuk memudahkan dalam membuat script html kita bisa menggunakan Kompozer, Geany, atau Bluefish. Software ini yang dijadikan alternatif dari Adobe Dreamweaver.

Source code editor khusus php tersedia gPHPEdit. Untuk editor php yang lebih lengkap lagi ada Eclipse. Eclipse tersedia untuk source code editor java, C/C++, dan php. Beberapa vendor software memodifikasi atau menambahkan fitur pada Eclipse PHP yang kemudian melahirkan source code editor lainnya seperti Aptana.

Image Editor
Untuk software image editor/graphic design ada gimp sebagai pengganti Adobe Photoshop dan Inkscape sebagai pengganti Corel Draw.

Web Server
Untuk paket web server ada apache, mysql, php, dan phpmyadmin. Atau bisa juga menggunakan XAMPP versi Linux (LAMPP), saya lebih sering menggunakan paket web server dari Ubuntu.

FTP Client
Dan software terakhir yaitu software untuk upload ke server atau FTP Client digunakan FileZilla.

selamat ngeweb icon smile Software Web Development di Ubuntu