in Internet

Cara Mencari Informasi Seseorang dengan Google Images

Biasanya bila ingin mencari gambar di Google kita mencari dengan memasukkan keyword yang berhubungan dengan gambar tersebut. Kini Google telah menambah fitur Google Images yaitu kita bisa mencari gambar berdasarkan gambar yang kita masukkan. Entah sejak kapan fitur ini ditambahkan karena saya juga baru memperhatikannya.

Untuk melakukan pencarian menggunakan gambar klik icon kamera pada form pencarian

Kemudian pilih sumber gambar, Paste image url (Tempel URL gambar) untuk sumber gambar dari URL dan Upload an image (Unggah gambar) untuk mengupload gambar dari komputer.

Saya telah melakukan beberapa percobaan mencari gambar.
Percobaan pertama menggunakan gambar window Run Application dari Linux Ubuntu. Hasilnya ditemukan 2 gambar yang sama dan dibawahnya ditampilkan gambar yang mirip dengan gambar yang diupload.

Percobaan kedua menggunakan foto saya sendiri yang juga terdapat didalam account Facebook. Hasilnya tidak ditemukan gambar yang sama dan hanya menampilkan gambar yang mirip.

Dan percobaan ketiga saya mengupload gambar yang sama dengan foto profil dari Twitter account. Hasilnya ditemukan 1 gambar yang sama yaitu gambar account Twitter lengkap dengan username/linknya.

Dari hasil percobaan diatas Google Images ini bisa kita digunakan untuk mencari informasi seseorang ataupun sesuatu yang tidak kita tahu nama dan informasi detailnya dengan hanya menggunakan gambar/foto. Atau bisa saja kedepannya Google Images bisa membantu keluarga yang telah lama berpisah dengan memasukkan foto lama dan Google Images memprediksi perubahan wajah orang tersebut dimasa kini dan hasilnya ditampilkan foto beserta link yang merujuk ke blog dan jejaring sosial seperti Facebook yang data profilnya sangat lengkap. Dan juga terpikir bisa membantu polisi dalam mengidentifikasi pelaku kriminal hanya dari sketsa.