Aplikasi Internet di Linux

Aplikasi Internet di Linux

Di Linux tersedia berbagai macam aplikasi internet yang dapat digunakan dengan bebas, mulai dari browser sampai download manager. Berikut ini beberapa aplikasi internet di Linux yang sering saya gunakan dan cara instalasinya di distro Ubuntu.

Mozilla Firefox

Secara default Ubuntu menggunakan browser Mozilla Firefox jadi tidak perlu lagi melakukan instalasi. Namun jika aplikasi ini terhapus dan ingin menginstalnya kembali dapat menggunakan perintah:

Chromium Browser

Chromium merupakan browser versi open source dari Google Chrome, fitur dan tampilannya pun sangat mirip dengan Google Chrome.

Transmission BitTorrent Client

Transmission merupakan aplikasi untuk mengunduh file torrent dan secara default sudah tersedia di Ubuntu.

qBittorrent

qBittorrent juga merupakan aplikasi pengunduh file torrent. Saya lebih suka menggunakan qBittorrent dibandingkan dengan Transmission karena sudah tersedia fitur search jadi tidak perlu lagi membuka situs web torrent untuk melakukan pencarian file torrent. Dan terdapat fitur aksi setelah proses unduh selesai komputer dapat dimatikan.

FileZilla FTP Client

FileZilla FTP Client merupakan aplikasi FTP client untuk melakukan transfer file ke FTP server atau web hosting.

youtube-dl

Aplikasi youtube-dl adalah aplikasi berbasis command line interface yang berfungsi untuk download video dari YouTube.

speedtest-cli

Untuk menguji kecepatan akses internet yang digunakan bisa menggunakan layanan dari website speedtest.net. speedtest-cli fungsinya sama, tapi dijalankan melalui terminal.

whois

Untuk mengetahui apakah sebuah domain telah terdaftar atau ingin mengetahui informasi detail mengenai sebuah domain digunakan tool bernama whois. Selain domain, bisa juga digunakan untuk mengetahui informasi dari sebuah Public IP address.

Selamat mencoba 🙂

Default image
Musa Amin
I am a Linux System Administrator and also write many tutorials about Linux, Cloud, and Open Source. Hire me via email hai[at]musaamin.web.id.

Leave a Reply