in FOSS

Berkontribusi di Proyek FOSS

Apakah saya sudah merasakan manfaat FOSS ? Ya, saya sudah merasakan manfaat dari menggunakan produk-produk FOSS (Free/Open Source Software) mulai dari bisa mempelajari hal-hal baru yang dipublikasi secara gratis dan terbuka hingga memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Karena itu giliran saya untuk berkontribusi di FOSS dengan tujuan agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui tentang FOSS, menggunakannya, mempelajarinya, menjadikannya penghasil uang, dan kembali menyebarluaskannya. Dan ujung-ujungnya FOSS menjadi semakin berkembang dengan semangat berbagi pengetahuan dan dukungan dari komunitas.

Nah pertanyaannya sekarang bagaimana caranya berkontribusi di FOSS ? Berkontribusi di FOSS tidak harus orang yang berprofesi dibidang TI atau yang ahli pemrograman, berkontribusilah dengan apa yang kita bisa. Misalnya kita sudah tahu cara menggunakan salah satu produk FOSS tulislah blog yang isinya tutorial atau dokumentasi tentang cara menggunakannya, dengan begitu orang yang baru mau menggunakannya akan sangat terbantu dengan tulisan kita. Ada yang mau menggunakan distro Linux tapi tidak punya instalernya dan tidak tahu cara menginstalnya maka kita bisa membantunya dengan mengcopykan hingga memandunya menginstalasi hingga selesai. Hingga saat ini kedua cara inilah yang saya pakai untuk berkontribusi di FOSS selain memperkenalkan FOSS ke orang yang belum mengenal dan bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada.

Ingin berkontribusi kepada hal yang lebih serius ? Bergabunglah dalam salah satu proyek FOSS, contohnya proyek distro Linux BlankOn racikan khas dalam negeri. Dalam proyek BlankOn terdiri dari beberapa tim yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, yaitu :

  • Tim Infrastruktur : bertanggung jawab atas infrastruktur BlankOn Jika Anda suka dengan administrasi sistem
  • Tim Riset dan Aplikasi : bertanggung jawab atas aplikasi khas BlankOn, serta melakukan riset yang dibutuhkan fitur
  • Tim Pemaket : bertanggung jawab memaketkan paket khas, impor, dan mentah
  • Tim Kesenian : bertanggung jawab atas karya seni yang digunakan BlankOn
  • Tim Jaminan Kualitas : bertanggung jawab memantau tiket berisi bug dan memastikan tiket ditutup serta melakukan pengetesan terhadap setiap aspek dari blankon agar hasil akhirnya dapat dijamin kualitasnya
  • Tim Dokumentasi : bertanggung jawab atas dokumentasi rilis
  • Tim Humas : melakukan sosialisasi penggunaan dan pengembangan BlankOn

Jadi berkontribusilah dengan apa yang kita bisa saat ini. Mungkin saat ini hanya bisa jadi tester atau penulis tutorial, tapi kedepan tidak menutup kemungkinan berkembang menjadi salah satu tim proyek FOSS atau kalau lagi banyak modal bisa jadi donatur.

selamat berFOSS ria 🙂

referensi :
dev.blankonlinux.or.id/wiki/Memulai

  • Related Content by Tag