in Database, Networking

Cara Akses MariaDB Melalui SSH Tunnel

Ada kalanya sysadmin tidak ingin memasang phpMyadmin, aplikasi manajemen database MariaDB karena pertimbangan keamanan. Mereka khawatir phpMyAdmin dapat diakses oleh hacker dan mengeksploitasi kelemahannya. Mengaktifkan remote access agar dapat melakukan manajemen database dari komputer lokal menggunakan aplikasi seperti Navicat atau SQLyog malah lebih beresiko. Mengaktifkan remote database berarti membuka port database ke jaringan public.

Solusi yang aman adalah mengakses database melalui SSH Tunnel. Dengan cara ini, port database tidak perlu dibuka ke public dan dapat melewati firewall. Pembahasan mengenai SSH Tunnel dapat dibaca di artikel Apa itu SSH Tunneling?.

Konfigurasi SSH Tunnel

Lakukan Local SSH Port Forwarding

user: User login OS server
ip-server: IP Server MariaDB
3306: Port default MariaDB di server
8888: Port MariaDB di lokal

SSH Tunnel menggunaan PuTTY

Cara Akses MariaDB Melalui SSH Tunnel

PuTTY – SSH Tunnel Local Port Forwarding

Pengujian

Saya menggunakan MySQL client berbasis CLI (MySQL Shell) untuk mengakses database.

Pada host terlihat menggunakan IP 127.0.0.1 (IP localhost) tetapi pada port menggunakan 8888, di mana port 8888 telah dikonfigurasikan untuk di-forward ke IP server. Sehingga database server yang diakses sebenarnya adalah database server pada VPS.

Selamat mencoba 🙂

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.