Cara Install Akaunting di Ubuntu 22.04

Cara Install Akaunting di Ubuntu 22.04

Akaunting adalah perangkat lunak akuntansi gratis, open-source, dan berbasis web untuk bisnis kecil dan para pekerja lepas. Akaunting dirancang untuk mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur, termasuk pembuatan faktur, pelacakan pengeluaran, dan akuntansi. Akaunting merupakan pilihan yang bagus bagi bisnis yang mencari solusi akuntansi yang gratis dan mudah digunakan. Akaunting tersedia dalam versi cloud based atau self-hosted.

System Requirements

System requirements yang harus dipenuhi agar dapat menjalankan Akaunting dengan baik:

Environment

  • PHP >=8.1
  • Database MySQL, PostgreSQL, SQLite, SQL Server
  • Web server Apache, Nginx, IIS
  • URL Rewrite

PHP Extensions

  • BCMath
  • Ctype
  • cURL
  • DOM
  • FileInfo
  • Intl
  • GD
  • JSON
  • Mbstring
  • OpenSSL
  • PDO
  • Tokenizer
  • XML
  • Zip

Tutorial Environment

Environment yang digunakan pada tutorial ini:

  • Ubuntu 22.04
  • Apache web server
  • PHP v8.1
  • MariaDB database
  • Subdomain akaunting.aminlabs.my.id
  • SSL Let’s Encrypt

Install Apache

Install Apache web server.

Membuat file virtual host untuk akaunting.aminlabs.my.id.

Masukkan konfigurasi virtual host.

Mengaktifkan virtual host, module rewrite dan restart service Apache.

Install SSL

Instal certbot.

Install SSL untuk akaunting.aminlabs.my.id.

Install PHP

Menambahkan PPA repository ondrej/php.

Install PHP 8.1 dan extensionnya.

Restart Apache.

Install MariaDB

Install MariaDB database.

Login ke MariaDB.

Membuat database akaunting.

Install Akaunting

Download Akaunting stable terbaru.

Install unzip.

Ekstrak akaunting.zip.

Mengubah user dan group direktori akaunting.

Installation Wizard

Lanjutkan instalasi di web browser:

  1. Browse https://akaunting.aminlabs.my.id.
  2. Language Selection, pilih bahasa, default English (GB), lalu Next.
  3. Database Setup, koneksi database, masukkan Username, Password, dan Database, lalu Next.
  4. Company and Admin Details, nama perusahaan dan akun admin, masukkan Company Name, Company Email, Admin Email, dan Admin Password, lalu Next.
  5. Login dengan menggunakan akun admin.
  6. Klik Skip this step, lalu Next, lalu Create your first invoice.
  7. Akaunting telah selesai diinstall.
Akaunting - New Invoice
Akaunting – New Invoice

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *