in FOSS

Cara Install dan Update Aplikasi di Clear Linux

Sebelumnya telah dibahas mengenai cara install Clear Linux OS Desktop, sekarang masuk ke pembahasan bagaimana cara install dan update aplikasi di Clear Linux. Clear Linux memiliki software manager tersendiri, kalau distro berbasis Debian/Ubuntu memakai apt-get/apt, CentOS memakai yum, di Clear Linux memakai swupd.

0. swupd

swupd adalah operating system software manager dan update program yang beroperasi pada file-level yang memungkinkan integritas yang dapat diverifikasi dan pembaruan yang efisien.

Dengan swupd, versioning aplikasi terjadi pada file-level. Ini berbarti Clear Linux menghasilkan versi operating system yang sama sekali baru dengan serangkaikan perubahan perangkat lunak pada sistem (termasuk downgrade dan remove aplikasi). Model versi rolling release mirip dengan git internal version tracking, di mana setiap file dilacak perubahannya.

Efisiensi Update Aplikasi

Pada umumnya distro Linux, update aplikasi tertentu mengharus seluruh paket dari aplikasi didownload dan diganti, meskipun perubahannya hanya satu baris kode saja.

Di Clear Linux, update digenerate menggunakan mixer tool. Mixer menghitung perbedaan antara dua versi Clear Linux dan menyediakan delta biner, yang hanya berisi bagian file yang diubah. Teknologi delta biner ini berarti swupd pada sistem Clear Linux hanya perlu mendownload sebagian kecil dari seluruh paket untuk update.

1. Bundle

Di Clear Linux tidak dikenal istilah paket (package), tetapi bundles yang dikelola menggunakan swupd. Setiap bundle berisi beberapa proyek open source yang dibutuhkan untuk menyediakan fungsionalitas lengkap.

2. Update

Update otomatis aktif secara default di Clear Linux, tapi tetap bisa dijalankan secara manual.

Mengecek apakah auto-update aktif atau tidak.

Menonaktifkan auto-update.

Mengaktifkan auto-update.

Mengecek apakah ada update.

Menjalankan update.

3. Install

Menampilkan semua bundle yang tersedia.

Mencari bundle, misalnya bundle yang memuat aplikasi ifconfig.

Install bundle, misalnya net-tools.

Remove bundle, misalnya net-tools.

Manual swupd.

Selamat mencoba 🙂

Write a Comment

Comment