in Networking

Cara Menambah Network Adapter di VirtualBox

Setiap virtual machine di VirtualBox dapat menggunakan maksimal 8 network adapter, tetapi pada aplikasi GUI VirtualBox hanya bisa memasang 4 network adapter saja. Untuk setting network adapter 5-8 kita harus menggunakan aplikasi CLI dari VirtualBox.

cara menambah network adapter di virtualbox

Konfigurasi Network Adapter

Network Adapter tipe Host-Only

LabUbuntuServer = nama virtual machine
nic5 = network adapter ke-5
hostonly = network adapter tipe hostonly
vboxnet0 = nama network adapter hostonly yang digunakan

Network Adapter tipe Bridge

eth0 = nama network adapter fisik komputer

Network Adapter tipe NAT

Network Adapter tipe Internal Network

intnet0 = nama network adapter internal network yang digunakan

Menonaktifkan Network Adapter

Pengujian

1. Setelah melakukan konfigurasi network adapter melalui CLI, lihat status network pada aplikasi GUI VirtualBox. Apakah network adapter sudah bertambah atau belum.

cara menambah network adapter di virtualbox

2. Jalankan virtual machine dan periksa apakah network adapter dapat terdeteksi semuanya. Virtual machine yang saya jalankan adalah Ubuntu Server, perintah ip a dapat menampilkan semua network adapter yang ada. Pada gambar di bawah ini terlihat ada 8 network adapter ethernet, enp0s3, enp0s8, enp0s9, enp0s10, enp0s16, enp0s17, enp0s18, dan enp0s19.

cara menambah network adapter di virtualbox

Tutorial ini saya jalankan pada distro Linux Ubuntu. Jika menggunakan Windows, coba jalankan perintah seperti di bawah ini.

Jika belum mengetahui apa perbedaan dari tiap-tiap tipe network adapter, baca artikel Konfigurasi Adapter Jaringan VirtualBox.

selamat mencoba 🙂

Referensi:

Seorang penggiat teknologi digital asal kota Makassar yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id atau melalui telegram @musaamin.