in FOSS

Cara Mengecek Versi Debian

Mengetahui versi Debian yang sedang digunakan sangat penting. Pertama, versi Debian yang kita gunakan apakah masih didukung (masih menerima update) atau sudah memasuki masa enf-of-life (EOL). Kedua, setiap versi Debian menggunakan alamat repository yang berbeda. Ketiga, ketika menginstall aplikasi kadang ada hal yang berbeda di masing-masing versi Debian. Keempat, versi Debian yang digunakan apakah perlu update atau tidak, update biasanya berupa perbaikan bug atau patch security.

Cek Versi Debian

1. Cara pertama yang paling pas untuk mengecek versi Debian adalah dengan menggunakan perintah lsb_release. Perintah ini menampilkan nomor versi dan nama kode rilisnya.

2. Cara kedua yaitu dengan menampilkan isi dari file text issue. File ini hanya berisi nomor versi mayor rilis saja (Debian 9), tidak seperti perintah lsb_release yang menampilkan lengkap dengan nomor rilis versi minor atau point release (Debian 9.9).

3. Cara ketiga yaitu dengan menampilkan isi dari file text os-release. Berisi nama kode rilis, nomor versi, dan alamat website.

4. Cara keempat yaitu dengan menjalankan perintah hostnamectl. Perintah ini sebenarnya untuk konfigurasi hostname, tapi perintah ini juga menampilkan nomor versi rilis, nama kode rilis, dan versi Linux kernel yang sedang digunakan.

Selamat mencoba 🙂

Write a Comment

Comment