in Internet

Domain dan Web Hosting

Sebelum mengonlinekan website kita membutuhkan 2 server yaitu domain dan web hosting. Kedua server ini tidak perlu kita yang menyediakan tapi bisa disewa dari penyedia layanan web domain/hosting.

Domain
Domain adalah alamat yang kita ketikkan untuk mengakses halaman website seperti google.com. Harga sewa domain .COM rata-rata Rp 100.000 per tahun. Khusus untuk domain Indonesia seperti domain saya ini musaamin.web.id kita harus memesannya di PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Harga sewa yang paling murah .WEB.ID dengan harga Rp 25.000 yang ditujukan untuk blog personal dengan syarat pendaftaran cukup KTP/SIM, sedangkan yang paling mahal .CO.ID dan .NET.ID dengan harga Rp 100.000 yang ditujukan untuk perusahaan dan penyedia jasa telekomunikasi dengan syarat pendaftaran Surat Ijin Usaha. Untuk lebih lengkapnya mengenai persyaratan dan biaya domain Indonesia lihat di sini. Sebelum melakukan pendaftaran domain yang akan kita pesan akan dicek terlebih dahulu, jika domain tersebut belum terdaftar maka domain tersebut bisa didaftarkan atas nama kita.

Hosting
Hosting adalah web server yang kita sewa untuk menyimpan file-file dan database website. Harga sewa web hosting mulai dari Rp 200.000 tergantung dari spesifikasi yang kita inginkan, biasanya pihak penyedia memberikan dalam bentuk pilihan paket berdasarkan kapasitas space harddisk mulai dari 100MB untuk blog sampai unlimited untuk website dengan perkembangan data yang sangat besar.

Spesifikasi web hosting

  • Kapsitas Harddisk : Kapasitas ruang harddisk untuk menyimpan file dan database. Cara memilihnya total file website yang harus diupload ditambah kira-kira berapa pertambahan data selama 1 tahun.
  • Bandwidth : Kuota data transfer per bulan. Misalnya kita mengupload file sebesar 15MB dan pengunjung mengakses website kita dengan total file yang harus didownload sebesar 1MB jadi bandwidth yang sudah terpakai sebesar 16MB. Bandwidth yang besar sangat dibutuhkan bagi website yang memiliki traffic yang tinggi seperti website berita.
  • FTP : FTP (File Transfer Protocol), fitur untuk mengupload file menggunakan FTP Client. Dengan menggunakan FTP upload lebih cepat.
  • Addon Domain : Selain domain utama kita bisa menambahkan domain lain sehingga dalam 1 hosting bisa lebih dari 1 domain
  • Subdomain : bisa menambah subdomain baru contoh saya membuat subdomain j25 dan j15, j25.musaamin.web.id, j15.musaamin.web.id
  • Email : alamat email dengan nama domain sendiri, [email protected]
  • Webmail : aplikasi untuk mengakses email dari web
  • POP : fitur untuk mengakses email dari email client seperti Mozilla Thunderbird
  • MySQL : menggunakan database MySQL. Diberikan informasi MySQL versi berapa dan berapa banyak database yang bisa kita buat agar disesuaikan dengan website kita
  • PHP : bahasa pemrograman web seperti yang digunakan oleh cms WordPress. Sama dengan MySQL diberikan pula PHP versi berapa yang dipakai jangan sampai website yang kita membutuhkan versi PHP yang lebih baru.
  • Lokasi Server : umumnya lokasi server ada 2 yaitu Indonesia (IIX) dan luar negeri (USA). Jika target pengunjung dari luar neger dan bahasa yang digunakan pada website menggunakan bahasa Inggris sebaiknya pilih server USA, jika yang terjadi sebaliknya gunakan saja server Indonesia agar akses website lebih cepat.

Untuk memilih layanan web hosting sebaiknya tanya-tanya dulu sama teman yang sudah pengalaman atau cari review dari internet tentang layanan hosting yang akan kita sewa apakah layanannya ok, tidak sering down, dan memiliki technical support yang siap membantu kapan saja.