Ebook Administrasi Ubuntu VPS untuk WordPress

 Ebook Administrasi Ubuntu VPS untuk WordPress

Virtual Private Server (VPS) semakin sering digunakan sebagai server untuk menjalankan website WordPress. Ada yang memilih upgrade dari shared hosting ke VPS karena memerlukan sumber daya yang lebih tinggi dan ada pula yang sedari awal sudah menggunakan VPS.

Namun ada kendala yang terjadi ketika memakai VPS yaitu dibutuhkan keterampilan dalam administrasi Linux server karena VPS menggunakan sistem operasi Linux. Untuk itu, buku ini hadir untuk memberikan panduan teknis yang berisi langkah-langkah bagaimana administrasi VPS dengan sistem operasi Linux (Ubuntu 20.04) untuk menjalankan website WordPress.

Pengguna Buku

Buku ini ditujukan untuk WordPress developer yang ingin mempelajari bagaimana cara melakukan administrasi Ubuntu Virtual Private Server (VPS) untuk operasional website WordPress tanpa menggunakan control panel yang semua proses instalasi dan konfigurasi berbasis command line.

Selain itu, buku ini juga dapat menjadi buku panduan dasar bagi seorang calon system administrator (sysadmin) yang bertugas mengelola server dengan sistem operasi Ubuntu dan aplikasi website berbasis PHP.

Rancangan Server

Alur akses website dan server yang dirancang dalam buku ini yaitu permintaan dari web browser (HTTP request) tidak direspon (HTTP response) secara langsung oleh web server (Apache atau Nginx) yang berada di VPS, tetapi dilayani oleh Cloudflare.

Cloudflare yang menjadi perantara antara web browser dengan VPS bertujuan untuk melakukan pengamanan (proxy, firewall dan SSL) terhadap VPS dan kemudahan dalam manajemen DNS record. VPS hanya dapat diakses secara langsung oleh system administrator melalui protokol SSH.

Untuk memantau apakah website sedang aktif atau tidak (uptime monitoring) menggunakan layanan dari HetrixTools yang tetap melalui Cloudflare. Jika website tidak aktif (down), HetrixTools mengirimkan notifikasi ke Telegram, begitu pula ketikan website sudah aktif kembali (up). Selain itu, HetrixTools juga digunakan sebagai system monitoring, memantau kinerja server, agent (HetrixTools client) mengirimkan data dari server ke HetrixTools.

Alur akses website dan server
Alur akses website dan server

Daftar Isi

Harga Rp150.000

  • Mendapatkan ebook PDF
  • Gratis untuk versi revisi
  • Bergabung di group Discord

PESAN SEKARANG

Leave a Reply

Your email address will not be published.