in Internet

Jaman Facebook Masih Main IRC, Ngapain ?

Netter yang lahir pada jaman Facebook pada umumnya tidak mengenal yang namanya IRC. IRC adalah protokol untuk berkomunikasi melalui internet alias chating (Internet Relay Chat), IRC hanya bisa chat text tanpa audio/video dengan menggunakan aplikasi IRC client seperti mIRC. Sejak kemunculan Facebook dengan fitur chatnya netter yang hobi chat mulai beralih ke FB, apalagi di FB rata-rata sudah memakai nama asli, foto, lengkap dengan profilnya tanpa harus mengetik “asl pls”. Meskipun sudah banyak yang beralih ke FB namun masih ada juga yang chat di IRC. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan di IRC :

File Sharing
Di IRC kita bisa berbagi file, yang populer adalah share file audio, video, dan ebook. Server yang digunakan undernet atau phazenet.

Hacking
Hacker menggunakan IRC sebagai scanner untuk mencari sasaran/kelemahan suatu website. Channel dikelola oleh komunitas hacker yang didalamnya terdapat bot scanner.

Diskusi
IRC sering digunakan sebagai media diskusi seperti para anggota Komunitas Linux BlankOn diskusi menggunakan server irc.freenode.net pada channel #blankon. IRC dipilih sebagai media diskusi karena IRC tidak membutuhkan bandwith yang lebar, jika menggunakan Yahoo Messenger! dan Facebook tidak akan mampu menampung banyak user dalam satu group chat dan agak kesulitan jika ingin menyimpan log chat.

Ada yang ingin mencoba main IRC ? Yang pakai Windows install mIRC, yang pakai Linux install XChat. Selamat mencoba 😀

xchat

XChat – IRC Client Linux

  • Related Content by Tag