in Cloud Computing, Programing

Koding Secara Online di Koding.com

Koding.com adalah layanan cloud yang memungkinkan para developer langsung mengkoding aplikasi mereka secara online tanpa repot-repot lagi menyiapkan sistem pendukungnya. Hal tersebut bisa langsung kita baca melalui taglinenya “Say goodbye to your localhost and code in the cloud”. Saya sudah mencobanya dengan mendaftar akun paket gratis. Walaupun gratis saya rasa fasilitas yang kita dapatkan cukup untuk mencoba koding dan menjalankan aplikasi langsung secara online. Akun paket gratis akan mendapatkan :
– 1 mesin virtual
– 1 core prosesor
– 1 GB RAM
– 3 GB harddisk

Dan semua paket baik gratis maupun sudah termasuk :
– Sistem operasi Ubuntu 14.04
– Hak akses penuh system (root)
– Custom sub-domain
– SSH
– IP Public

Kekurangan yang saya rasakan di paket gratis ini adalah mesin virtual tidak selalu running, mesin virtual akan shutdown secara otomatis jika selama 60 menit tidak aktifitas *Namanya juga paket gratis :). Setelah mendaftar dan login ditampilkan halaman workspace. Kolom paling kiri untuk pengaturan mesin virtual dan workspace. Kolom selanjutnya untuk file manager. Kolom atas pertama untuk code editor dan kolom bagian bawah untuk terminal atau command line interface.

Pada folder Web terdapat source code yang bisa langsung bisa diedit dan ditampilkan hasilnya yaitu html, php, perl, python, dan ruby. Source code ini untuk mengetes apakah platform untuk pemrograman tersebut sudah tersedia dan berjalan dengan baik. Source code yang ingin ditampilkan ke public harus berada dalam folder Web. Untuk alamat aksesnya bisa dilihat pada Assigned URL atau klik menu Preview pada nama file code editor yang sedang terbuka. Untuk akun koding saya di alamat umkka1986b70.musaamin.koding.io. Tapi alamat tersebut sangat susah diingat, kita dapat merubahnya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Saya merubahnya menjadi dev.musaamin.koding.io.

Saya melakukan pengecekan untuk penggunaan harddisk dengan mengetik perintah df -h. Dari total harddisk 3GB yang tersisa tinggal 900MB.

Untuk menguji apakah paket gratis ini betul-betul bisa full akses root, bisa menginstal apasaja, dan kecepatan internetnya cukup saya mencoba menginstal MySQL server, phpMyAdmin, dan cms WordPress. Dan ternyata berhasil dengan baik begitu juga dengan jaringannya bisa mencapai 1MBps pada saat menginstal paket. Fitur terakhir yang saya coba adalah akses mesin virtual melalui SSH dan ternyata berhasil juga.

Nah sekarang tinggal para developer untuk memanfaatkan dengan maksimal layanan yang diberikan oleh Koding.com.

happy coding.
selamat mencoba 🙂

Write a Comment

Comment

  1. wah saya baru tau koding.com, bapak udah nulis dari tahun 2015, banyak sekali informasi saya dapat dari website bapak, saya mau tanya sekarang saya lihat koding.com sudah tidak menyediakan akun gratis lagi, hanya self hosted, dan saya cek di github terkahir update 2 tahun lalu, apa masih worth it pak?

    • koding.com berdiri tahun 2011, dulunya memang tersedia akun gratis, kemudian beberapa tahun lalu akun baru harus memasukkan metode pembayaran misal kartu kredit. tadi baru saja cek, ternyata tidak tersedia lagi layanannya, malah dijadikan open source dan bisa install di server sendiri. belum ketemu informasi kenapa layanannya dihentikan.

      koding.com open source bisa jadi alternatif bagi tim developer untuk membangun development environment berbasis cloud yang bisa diinstall di server sendiri, dibandingkan menyewa layanan sejenis seperti cloud9 yang sudah diakuisisi oleh Amazon Web Services.

  • Related Content by Tag