Kompres File JPG dan PNG Untuk Blog

Sebuah blog rasanya kurang menarik jika tidak terdapat gambar, atau dalam postingan blog biasanya minimal ada satu gambar sebagai ilustrasi dari tulisan tersebut. Apalagi kalau tulisan berupa tutorial akan lebih banyak gambar yang dipasang agar memudahkan pembaca dalam mempraktekkannya. Namun terlalu banyak gambar dapat mengakibatkan blog lambat diakses karena ukuran file gambar yang cukup besar. Mengurangi jumlah gambar dan memperkecil resolusi dimensi gambar belum cukup membantu.

Ada trik tambahan yang dapat dilakukan yaitu dengan memperkecil ukuran file gambar atau biasa disebut juga dengan kompres. Banyak pilihan tool kompress gambar secara online, saya memilih compresspng.com dan compressjpeg.com. Cara menggunakannya, upload file yang ingin dikompres setelah itu tunggu beberapa saat tergantung besarnya file. Setelah selesai gambar hasil kompress dapat didownload dan tersedia juga dalam format zip untuk mendownload file sekaligus. Saya mencoba mengkompres gambar PNG dan JPG dengan resolusi 600×337 pixel. Gambar PNG dari 390.6kB dapat dikompres menjadi 141kB. Gambar JPG dari 176.9kB dapat dikompres menjadi 48.4kB.

Upload FIle Gambar
Gambar PNG sebelum dikompres 600×337 pixel 390.6kB
Gambar PNG setelah dikompres 600×337 pixel 141.7kB
Gambar JPG sebelum dikompres 600×337 pixel 176.9kB
Gambar JPEG setelah dikompres 600×337 pixel 48.4kB

selamat mencoba 🙂

Default image
Musa Amin
I am a Linux System Administrator and also write many tutorials about Linux, Cloud, and Open Source. Hire me via email hai[at]musaamin.web.id.

Leave a Reply