in FOSS

Komunitas Digital di Makassar

Berbagai komunitas saat ini telah lahir di Makassar, hal ini dapat terlihat pada saat
Pesta Komunitas Makassar 2014 yang jumlahnya mencapai 75 komunitas yang berpartisipasi. Angka ini belum ditambah dengan komunitas yang tidak ikut atau belum diketahui secara luas. Berikut ini beberapa komunitas kategori digital yang ada di Makassar.

Linux User Group Ujung Pandang (LUGU)
Di Indonesia komunitas pengguna Linux disebut Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI), untuk wilayah Makassar ada LUGU (Linux User Group Ujung Pandang). Anggota LUGU adalah semua pengguna Linux dari berbagai distro Linux yang ada, karena itu tag linenya “Apapun distronya, ngumpulnya di LUGU”. Pada tahun 2009 Makassar menjadi tuan rumah ILC (Indonesia Linux Conference) 2009, sebuah event nasional bagi para pengguna, pengembang, pengusaha, pemerintah dan pemerhati Linux dan Open Source. Pada event tersebut LUGU menjadi panitia lokal dan event tersebut berjalan dengan sukses.
Teman-teman bisa join dan berdiskusi di Group Facebook LUGU di facebook.com/groups/makassar.linux.

Ubuntu Makassar
Ubuntu adalah salah satu distro Linux paling populer di dunia termasuk di Makassar. Komunitasnya pun sudah ada di Makassar sejak tahun 2008. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi Open Source/Linux, seminar, dan workshop. Rangkuman kegiatannya dapat dilihat di wiki.ubuntu.com. Jumlah member di fan page Ubuntu Makassar mencapai lebih dari 2.500 member, sementara jumlah member di group facebook telah mencapai lebih dari 1.300 member dan saya termasuk salah satu anggotanya. Dari sinilah saya mulai memperlajari Open Source dan Linux dan mendapatkan teman-teman baru.

Indonesian Backtrack Team (IBT) Makassar
Linux lebih dikenal dengan kehandalannya untuk penggunaan jaringan dan keamanan. Salah satu distro Linux yang paling dikenal khusus digunakan untuk pengujian keamanan sistem adalah Backtrack. Yang tertarik mempelajari distro ini dapat bergabung di Indonesian Backtrack Team Makassar. Yang tertarik belajar join di group Facebok IBT Makassar.

Makassar Ethical Hacker
Hacker sering diidentikkan dengan seorang ahli komputer yang suka merusak sistem atau mencuri sesuatu dari sistem yang diretasnya. Makassar Ethical Hacker sebuah komunitas pemerhati keamanan informasi di Makassar melakukan kegiatan edukasi. Remaja yang lain pada saat malam Minggu mereka pergi nongkrong entah kemana, tapi hal berbeda dilakukan oleh member MEH. Mereka melakukan kegiatan belajar setiap malam Minggu mulai malam sampai Minggu pagi. Hal yang mereka pelajari mulai dari pemrograman, jaringan, hingga keamanan informasi yang menjadi fokus komunitas mereka. Dan hasilnya sekarang yang sudah ahli telah bekerja bahkan ada beberapa orang bekerja di salah satu perusahaan teknologi besar di Jakarta. Pada tahun 2012 giliran Makassar menjadi tuan rumah acara nasional konferensi keamanan informasi Indonesian Security Conference (IDSECCONF). Acara ini menghadirkan para praktisi security di Indonesia dan mempresentasikan paper atau penelitian mereka mengenai security. IDSECCONF 2012 berjalan dengan sukses berkat kerjasama panitia pusat dengan panitia lokal MEH. Tertarik memperdalam tentang kemanan informasi join di group Facebook MEH.

Android Makassar
Harga smartphone saat ini sudah tidak semahal dulu lagi berkat sistem operasi Android yang bisa diadopsi oleh vendor mana saja. Hal ini menjadikan smartphone Android mudah didapatkan dan jumlah penggunanya juga semakin meningkat termasuk di Makassar. Komunitas Android Makassar lahir pada tahun 2010 dan jumlah anggotanya yang bergabung di group Facebook sudah mencapai lebih dari 20.000 anggota. Kegiatan yang mereka lakukan berupa seminar, workshop, peserta pameran sampai kegiatan sosial. Yang mau kopdar dengan mereka datang ke Cafe Mazagena.

Angingmammiri – Blogger Makassar
Komunitas blogger Makassar disebut dengan nama Angingmammiri yang telah terbentuk sejak tahun 2006 dengan tag line “Tempa’ Kumpulna Blogger Makassar”. Anggota Blogger Makassar adalah blogger lahir, tinggal, pernah tinggal di Makassar atau punya keterkaitan dengan Makassar. Kegiatan yang mereka lakukan selain blogging antara lain workshop, seminar dan diskusi yang diberi nama Tudang Sipulung (duduk bersama) yang membahas berbagai topik. Pada tahun 2012 Blogger Makassar menjadi tuan rumah untuk acara nasional blogger yang bertajuk Kopdar Blogger Nusantara 2012. Di acara ini berkumpul blogger dari seluruh Indonesia untuk saling bertemu dan berbagi pengalaman mengenai dunia blogging. Info selengkapnya akses website resmi mereka di angingmammiri.org atau bergabung di group Facebook Paccarita.

99Designs Makassar
99Designs.com merupakan platform kontes design yang mempertemukan orang yang membutuhkan jasa desainer dengan para desainer. Para desainer berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia. Di Makassar mereka tergabung dalam komunitas 99Designs Makassar. Pada tanggal 23 Desember 2014 99Designs Makassar mengadakan meetup untuk sharing mengenai dunia desain dan pengalaman ikut kontes di 99Designs.com. Yang tertarik dengan freelancer desainer gabung di group Facebook 99Designs Makassar.

Startup Makassar
Startup adalah bisnis yang baru mulai dirintis dengan menggunakan teknologi informasi atau digital. Ternyata di Makassar sudah mulai banyak lahir startup-startup baru tapi belum diketahui secara luas. Contohnya ada Adsmedia.co yang bergerak di bidang periklanan, TechSchool sebuah lembaga training teknologi, Soulmaks.com majalah elektronik untuk anak muda Makassar, dan masih banyak lagi. Startup Makassar yang baru saja lahir sejak akhir Desember 2014 lalu bertujuan untuk merangkul semua startup yang ada di Makassar untuk saling mengenal dan berbagi pengetahuan tentang bagaimana caranya agar startup yang dibangun bisa sukses mencapai tujuannya masing-masing. Ada 2 startup yang lahir berkat adanya Startup Makassar karena anggota timnya dipertemukan disini. Pertama ManinGo Studio sebuah startup yang bergerak dibidang industri game dan yang kedua Gaib Animation Studio yang bergerak dibidang industri animasi. Anggota Startup Makassar memanfaatkan co-working space yakni DILO (Digital Lounge) Makassar untuk bekerja dan bertemu sesama pelaku startup. Teman-teman yang tertarik ingin mencari tim membangun startup atau ingin mengetahui bagaimana mengembangkan startupnya gabung Startup Makassar.

Kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh teman-teman komunitas yang ada di Makassar dapat mengurangi citra buruk dari media tentang kota Makassar yang diketahui selalu saja terjadi kerusuhan atau mahasiswanya dikenal hanya bisa melakukan demonstrasi anarkis saja. Hali ini terjadi karena kegiatan komunitas tidak menarik untuk rating media maka tidak diliput. “Kota Makassar tidak selebar layar tv”.

selamat berkomunitas 🙂