in FOSS

Linux Lite, Distro Linux Ringan Berbasis Ubuntu

Linux Lite, salah satu distro Linux berbasis Ubuntu LTS yang dirancang khusus agar dapat berjalan pada komputer dengan spesifikasi hardware yang apa adanya. Testing di VirtualBox, Linux Lite dalam keadaan standby konsumsi RAM 300MB. Linux Lite 3.6 ini berbasis Ubuntu 16.04 LTS dengan menggunakan desktop environment XFCE yang dikenal sebagai DE minim pemakaian RAM.

distro linux ringan ubuntu

Selain varian resmi Ubuntu, Xubuntu dan Lubuntu, Linux Lite juga dapat menjadi alternatif bagi yang ingin tetap menikmati distro Linux ala Ubuntu tetapi hardware tidak mampu menjalankannya. Menurut website resminya, Linux Lite dapat dijalankan dengan spesifikasi minimum prosesor 700MHz dan memori 512MB. Spesifikasi hardware yang direkomendasikan prosesor 1,5GHz dan meori 1GB.

Tertartik untuk mencobanya? Langsung saja download dan install. Linux Lite 3.6 tersedia untuk arsitektur 32bit dan 64bit.

selamat mencoba 🙂

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.