in FOSS

[Linux] Terminal Makin Keren dengan Oh My ZSH

zsh (Z shell) adalah salah satu shell untuk Unix/Linux yang merupakan pengembangan dari Bourne shell (sh). Beberapa peningkatan fiturnya antara lain cd completion, git completion, path expansion, path replacement, dan right prompt. Presentasi Why Zsh is Cooler than Your Shell dapat anda baca di slideshare.net.

Robby Russel mengembangkan Oh My Zsh, sebuah framework untuk konfigurasi Zsh. Dengan Oh My Zsh, terminal yang menjalankan Zsh menjadi lebih keren karena dilengkapi dengan functions, helpers, plugins, dan themes. Pada saat artikel ini ditulis ada 200+ plugin, 900+ kontributor, dan 140 tema.

Install ZSH

Fedora/CentOS

atau

Arch Linux/Manjaro

Debian/Ubuntu

Menjadikan zsh sebagai default shell

Install Oh My Zsh

Default theme Oh My Zsh menggunakan robbyrussell, dapat diganti dengan mengubah file ~/.zshrc. Cari baris kode ZSH_THEME dan ganti dengan nama theme yang diinginkan. Lihat nama theme dan screenshot-nya di GitHub.com.

Screenshot terminal di bawah ini menggunakan theme Agnoster. Baca tutorial theme Agnoster agar bisa tampil dengan baik. Dan beberapa theme yang mirip dengan Agnoster dapat dilihat di sini.

Zsh dengan Oh My Zsh theme Agnoster

Zsh dengan Oh My Zsh theme Agnoster

selamat mencoba 🙂

via:
github.com/robbyrussell
unixmen.com

  • Related Content by Tag