in FOSS

Menghasilkan Uang Dengan Free & Open Source Software (FOSS)

Banyak orang yang belum mengenal dan menggunakan FOSS mengira bahwa FOSS tidak bisa digunakan untuk menghasilkan uang karena dianggap semuanya gratis. Sekali lagi FOSS bukan berarti gratis tetapi bebas digunakan untuk apasaja, bebas disebarluaskan, bebas dikembangkan (free software), dan source codenya bisa didapatkan (open source).

Sewaktu masih kuliah saya sering mendapat orderan membuat website. Software yang saya pakai phpTriad/AppServ/Wamp/Xampp (Apache, MySQL, PHP, phpMyAdmin) sebagai web servernya, cms Mambo/Joomla sebagai software untuk membangun konten websitenya, dan Mozilla Firefox sebagai web browsernya. Kesemuanya itu merupakan termasuk dalam kategori FOSS, kecuali sistem operasinya waktu itu belum memakai Linux. Jadi tanpa saya sadari sudah sejak lama menggunakan FOSS untuk menghasilkan uang dan hasilnya lumayan untuk membantu biaya kuliah hingga selesai dan bisa buat beli laptop.

Contoh lain, bagi yang suka main di jaringan bisa membuka layanan instalasi jaringan berbasis Linux, yang programer bisa membuat aplikasi desktop menggunakan Java atau membuat aplikasi untuk Android, yang hobi di industri kreatif bisa menggunakan Inkscape dan Gimp untuk desain grafis atau mau lebih mantap lagi membuat film animasi 3D menggunakan Blender, yang ahli dibidang kemanan informasi bisa menjadi konsultan kemanan informasi, dan untuk orang yang mudah berkomunikasi dalam mentransfer ilmu bisa menulis buku tentang FOSS atau menjadi instruktur. Masih banyak lagi yang bisa dihasilkan dengan menggunakan FOSS, jadi tidak ada lagi anggapan bahwa FOSS tidak bisa menghasilkan uang.

  • Related Content by Tag