MOC (Music on Console): Aplikasi Audio Player di Terminal Linux

MOC (Music on Console): Aplikasi Audio Player di Terminal Linux

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan kita mendengarkan musik dengan mudah dan nyaman. Namun, bagi pengguna Linux yang lebih suka menjelajahi sistem operasi mereka melalui terminal, MOC (Music on Console) adalah salah satu pilihan yang menarik.

MOC adalah aplikasi pemutar musik sederhana yang dirancang untuk berjalan di terminal Linux. Dikembangkan oleh Damian Pietras, MOC menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif dan efisien yang memungkinkan pengguna untuk menikmati musik tanpa harus keluar dari terminal mereka. Dengan menggunakan MOC, kita dapat mengontrol pemutaran musik, mengatur playlist, dan menjelajahi koleksi musik hanya dengan menggunakan tombol keyboard shortcut.

Salah satu kelebihan utama MOC adalah ringan dan efisien dalam penggunaan sumber daya sistem. Sebagai aplikasi yang berjalan di terminal, MOC tidak memerlukan antarmuka grafis yang memakan banyak sumber daya. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk pengguna Linux yang ingin menjaga performa sistem mereka tetap optimal sambil tetap dapat menikmati musik.

Install MOC

Install MOC di Ubuntu.

Cara Pakai MOC

Buka aplikasi Terminal, lalu jalankan perintah:

Jika ingin menjalankan MOC dan langsung menampilkan file musik di direktori tertentu, misal di direktori ~/Music.

Aplikasi Music on Console (mocp)
Aplikasi Music on Console (mocp)

Tombol keyboard shortcut yang sering digunakan:

Selamat mencoba 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *