in Internet

Mudah dan Murah, Yuk Bikin Websitemu Sendiri!

Di era digital seperti sekarang ini kita harus selalu mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam menjalankan bisnis kita. Kalau dulu bisnis dijalankan cuma dalam bentuk fisik berupa toko, sekarang bisnis sudah merambah luas hingga dijalankan secara online. Untuk kamu yang mau memulai bisnis, baik offline maupun online tentunya memerlukan sebuah website sebagai sarana promosi dan informasi bisnismu.

Website bisnis harus mampu menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi websitemu sekaligus membeli produk atau menggunakan jasamu. Website yang baik harus memuat informasi yang lengkap dan jelas mengenai produk atau jasamu sehingga terlihat lebih kredibel. Website yang bonafide meningkatkan potensi bagi orang lain untuk kembali membeli produk dan menggunakan jasamu. Tentunya hal ini berdampak positif bagi pendapatan bisnismu.

Alasan terbesar mengapa kebanyakan orang tidak mau membuat website dengan serius adalah karena terlanjur takut akan biaya besar yang harus dikeluarkan. Tenang saja, membuat sebuah website sebenarnya sangatlah mudah, tidak perlu banyak waktu dan tidak memakan banyak biaya kok. Berbagai web builder memberikan kamu pilihan dalam membuat website yang kredibel dengan harga yang terjangkau.

Sebelum membuat website bisnismu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu :

1. Nama domain

Nama domain adalah nama alamat website yang akan dimasukkan orang untuk membuka websitemu. Nama domain sangatlah penting dan harus bisa merepresentasikan bisnismu. Sebelum membuat website kamu perlu memikirkan baik-baik nama apa yang akan kamu pakai. Nama domainmu sebaiknya tidak terlalu rumit sehingga orang lebih mudah mengingat dan menemukan websitemu. Kalau domainmu terlalu sulit orang-orang akan kesulitan mengingatnya sehingga jumlah pengunjung websitemu akan menurun.

2. Platform

Kamu juga perlu menentukan platform online apa yang akan kamu gunakan untuk membuat websitemu. Ada banyak pilihan platform online yang tersedia yang bisa digunakan untuk membuat website, bahkan oleh pemula sepertimu sekalipun. Kebanyakan platform online ini memang dibuat untuk mudah dipahami dan digunakan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform ini untuk memulai website bisnismu.

3. Hosting

Hosting adalah tempat kamu menyimpan berbagai file websitemu di sebuah server di internet. Data file ini dibutuhkan untuk membuat websitemu bisa terpampang dengan baik di internet dan bisa diakses orang di segala penjuru dunia. Sebaiknya kamu memiliki hosting kamu sendiri. Hal ini untuk menjamin keamanan segala data yang kamu punya agar sewaktu-waktu tidak hilang begitu saja jika penyedia hosting gratis yang kamu gunakan tiba-tiba tidak beroperasi lagi.

4. Konten

Websitemu tidak akan ada gunanya jika tidak bisa memperlihatkan konten bisnis yang ingin kamu promosikan. Masukkanlah konten yang mampu menjelaskan secara informatif mengenai produk dan jasamu. Konten website tidak hanya berupa gambar atau video mengenai produk dan jasamu, tapi juga termasuk proses branding di dalamnya. Branding bisnismu itu dimulai dari adanya desain, logo, font, warna hingga gaya bahasa yang sesuai dengan bisnis dan target audiencemu. Tampilan website yang menarik menjadi faktor penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung websitemu.

Mudah sekali kan membuat website bisnismu sendiri? Kalau kamu tidak mau repot menghabiskan waktu untuk membuat sendiri websitemu, ada pilihan lain yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan jasa layanan pembuatan website. Cara ini lebih mudah dan tidak menyita waktu, dan juga harganya murah lho. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak biaya.

Salah satu penyedia layanan pembuatan website yang murah adalah Sitebeat. Sitebeat bisa menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan website bisnismu sendiri. Ada dua langkah membuat website yang bisa kamu pilih, yaitu kamu sendiri yang membuat websitemu atau Sitebeat yang akan membuatkannya. Pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu ya.

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.