in Hardware, Networking

Open Compute Project

Banyak yang sudah mengenal istilah Open Source, yaitu model pengembangan perangkat lunak dimana kode sumber perangkat lunak tersebut tersedia dengan bebas untuk dikembangkan. Open Source semakin dikenal luas berkat kepopuleran smartphone berbasis Android. Sekarang ini ada lagi sebuah istilah yang menggunakan kata open yaitu Open Compute.

Open Compute adalah bagaimana cara mendesain data center yang efisien yang digagas oleh Facebook dimana desain tersebut merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak dan hasilnya bisa diakses oleh siapa saja. Pada awalnya para enginer Facebook melakukan riset di lab elektronik Palo Alto, California. Tim tersebut mendesain data center pertama mereka dari awal. Beberapa bulan kemudian server tersebut dibangun di Prineville, Oregon. Project ini beranggotakan 3 orang dan menghasilkan sebuah data center custom atau made in Facebook mulai dari desain server, power supply, rak server, dan sistem backup daya.Data center Prineville menggunakan 38% energi lebih sedikit dan hemat biaya 28% dibandingkan dengan data center yang sudah dimiliki oleh Facebook.


Secara resmi Facebook mengumumkan Open Compute Project pada April 2011 untuk mengajak pihak lain untuk bergabung dan turut mengembangkan bagaimana cara membuat data center yang efektif dan efisien. Seluruh spesifikasi dan desain data center yang telah dibuat tersedia untuk diakses oleh siapa saja. Open Compute Project mendukung prosesor AMD, Intel dan ARM. Dan dari sisi perangkat lunak menggunakan Open Source. Yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Open Compute Project browsing ke opencompute.org.

referensi:
opencompute.org
en.wikipedia.org
techrepublic.com/blog