Overview dan Install Rocky Linux 8.4

Overview dan Install Rocky Linux 8.4

Rocky Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh komunitas yang berbasis Red Hat Enterprise Linux. Rocky Linux lahir karena dihentikannya dukungan dan pengembangan CentOS Linux 8, beralih ke CentOS Stream. Proyek Rocky Linux berada di bawah Rocky Enterprise Software Foundation, dan proyeknya dipimpin oleh Gregory Kurtzer yang merupakan founder dari CentOS. Nama Rocky sendiri dipilih untuk menghormati co-founder CentOS, Rocky McGaugh.

Rocky Linux untuk pertama kalinya rilis pada tanggal 21 Juni 2021. Meskipun baru pertama kali rilis tetapi nomor versi yang digunakan 8.4 yang berasal distro induknya Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 8.4. Nama kode rilis Rocky 8.4 Green Obsidian, tersedia untuk arsitektur x86_64 dan ARM64.

Dari catatan rilis Rocky Linux 8.4 tersedia tool migrate2rocky yang berfungsi untuk membantu sysadmin dalam melakukan migrasi dari distro Linux Enterprise berbasis RPM ke Rocky Linux. Ada 4 distro Linux yang sudah diuji dan berhasil dimigrasikan yaitu Alma Linux 8.4, CentOS Linux 8.4, Red Hat Enterprise Linux 8.4, dan Oracle Linux 8.4.

Cara install dan tampilan installer sama saja dengan CentOS atau RHEL, jadi yang sudah terbiasa dengan distro Linux tersebut tidak ada masalah.

Untuk tutorial instalasi silakan lihat video di bawah ini.

Selamat mencoba 🙂

Dukung blog ini dengan donasi via Trakteer.id, PayPal, atau Jenius Pay $musaamin.

Default image
Musa Amin
I am a Linux System Administrator and also write many tutorials about Linux, Cloud, and Open Source. Hire me via email hai[at]musaamin.web.id.
Articles: 745

Leave a Reply