in Internet

Review Flip – Gratis Biaya Transfer Antar Bank

Sejak tahun 2017 Indonesia sudah mulai ramai dengan perusahaan rintisan (startup) di bidang teknologi keuangan (fintech/financial technology). GO-JEK pun sebelumnya yang merupakan teknologi transportasi dan kurir mengadopsi fintech dengan produk GO-PAY nya. Saya sendiri juga sudah mulai menggunakan produk fintech yaitu Flip yang berfungsi sebagai perantara transfer antar bank tanpa biaya.

Awal Mula Flip

Flip bermula dari permasalahan foundernya sewaktu menjadi mahasiswa, biaya transfer antar bank sebesar Rp6.500 cukup berarti mahasiswa, bisa membeli makan. Awal mulanya hanya meminjam rekening teman untuk transfer ke bank tujuan agar tidak dikenai biaya transfer. Sadar akan permasalahan ini dialami oleh banyak orang akhirnya para founder mengembangkan solusi berbasis teknologi yaitu Flip.

review flip - transfer antar bank tanpa biaya

Misalnya kita ingin melakukan transfer dari BNI ke BCA. Dari rekening BNI yang kita gunakan transfer terlebih dahulu ke rekening BNI milik Flip, lalu dari rekening BCA milik Flip transfer ke rekening BCA tujuan kita. Jadi Flip memiliki semua rekening di bank yang telah bekerja sama.

Untuk legalitas transaksi keuangan, Flip sudah memiliki ijin atau lisensi dari Bank Indonesia. Bank yang saat ini dilayani oleh Flip yaitu BNI, BNI Syariah, BRI, Mandiri, Mandiri Syariah, BCA, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, dan Bank Muamalat. Jumlah pengguna Flip telah mencapai 202.634 pengguna.

Cara Daftar

Untuk membuat akun Flip, akses Flip.id, masukkan nama, email, dan password. Kemudian data diri, lalu verifikasi nomor HP. Lalu masukkan data untuk verifikasi data diri, membutuhkan kartu identitas seperti KTP.

Setelah mendaftar di Flip, selanjutnya adalah verifikasi tatap muka untuk memastikan identitas KTP yang dimasukkan valid. Verifikasi tatap muka melalui Alfamart yang dikenai biaya Rp4.000. Jika sudah diverifikasi akun Flip sudah bisa digunakan.

Cara Transfer

Terdapat 2 layanan Flip yaitu Flip Reguler dan Big Flip. Flip Reguler dapat melakukan transfer antar bank dengan tanpa biaya untuk transaksi di bawah Rp5 Juta per hari dengan maksimal 100 transaksi per bulan. Sementara Big Flip untuk transaksi ratusan hingga ribuan transaksi, rekening tujuan dengan sekali proses yang dikenai biaya mulai dari Rp1.000 per transaksi.

Install Flip di Android, untuk iOS masih dalam pengembangan. Buka dan login aplikasi Flip.

1. Pilih bank yang kita gunakan.
2. Pilih bank tujuan, dan masukkan nomor rekening tujuan. Nama pemilik rekening tampil secara otomatis.
3. Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer.
4. Jika yakin data sudah benar, klik ‘OK, DATA SUDAH BENAR’.

review flip - transfer antar bank tanpa biaya

5. Ditampilkan kembali pertanyaan konfirmasi, klik ‘OK’.
6. Ditampilkan review transfer, nominal yang sebelumnya dimasukkan ditambah dengan kode unik. Klik ‘LANJUT’.

review flip - transfer antar bank tanpa biaya

7. Ditampilkan ‘Syarat & Ketentuan’, klik ‘SIAP, SAYA SETUJU’.
8. Ditampilkan ‘Detail Transaksi’ yang harus ditransfer ke rekening milik Flip yang kemudian diteruskan ke rekening tujuan. Lakukan transfer ke Flip, jika sudah klik ‘SAYA SUDAH TRANSFER’.
9. Ditampilkan informasi antrean.
10. Jika uang sudah ditransfer ke tujuan, ditampilkan pesan ‘Transfer berhasil’ beserta bukti transfer.

review flip - transfer antar bank tanpa biaya

Transaksi diproses pada hari Senin-Jumat jam 09.00-19.00 WIB dan Sabtu jam 09.00-14.00 WIB.

Sejak menggunakan Flip, saya sudah menghemat biaya transfer Rp32.500. Terima kasih Flip.

Seorang penggiat teknologi digital asal kota Makassar yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id atau melalui telegram @musaamin.