Review VPS DigitalOcean • Premium Intel/AMD dengan NVMe SSD

Review VPS DigitalOcean • Premium Intel/AMD dengan NVMe SSD

Pada awal tahun ini, DigitalOcean kembali melakukan pembaruan produk untuk droplet (virtual machine). Pembaruannya yaitu tersedianya pilihan processor Premium Intel dan Premium AMD untuk basic droplet.

Droplet Premium Intel memakai Intel seri arsitektur Cascade Lake dengan kecepatan 2,50 GHz dan 3,90 GHz untuk max turbo.

Sementara untuk droplet Premium AMD memakai AMD EPYC generasi kedua dengan kecepatan 2 GHz dan 3,35 GHz max turbo.

Selain processor yang premium, DigitalOcean juga memasangkannya dengan NVMe SSD.

Ketersediaan dan Harga

Droplet dengan Premium Intel tersedia di semua data center DigitalOcean, tetapi untuk Premium AMD saat ini hanya tersedia di 3 lokasi data center yaitu New York (NYC3), San Francisco (SFO3), dan Frankfurt (FRA1).

Untuk perbandingan harga droplet shared CPU (Basic Droplet) yang memakai Regular Intel + SSD dengan Premium Intel/AMD + NVMe SSD lihat tabel di bawah ini.

Harga Basic Droplet (Shared CPU)

Harga Basic Droplet DigitalOcean

Benchmark dan Perbandingan Kinerja

Untuk menguji kinerja atau performa dari droplet Premium Intel/AMD dilakukan benchmark sederhana dengan menggunakan tool nench.sh.

Yang ingin diketahui dari benchmark ini adalah bagaimana kinerja processor dan disk.

Spesifikasi droplet yang diuji:

  • Basic droplet
  • OS Ubuntu 20.04 LTS
  • RAM 1GB, 1 CPU, 25 GB Disk
  • Regular Intel, Premium Intel, dan Premium AMD
  • Data center San Francisco (SFO3)

Benchmark CPU

Benchmark CPU diuji dengan melakukan hashing SHA256, kompresi bzip2, dan enkripsi AES terhadap file sebesar 500 MB. Hasilnya memperlihatkan bahwa droplet Premium Intel/AMD lebih cepat jika dibandingkan dengan droplet Regular Intel.

Hasil benchmark nench.sh untuk CPU

Benchmark Disk

Benchmark disk diuji dengan menggunakan dd, seberapa cepat dalam menulis data ke disk (write speed) secara berulang sebanyak tiga kali. Hasilnya menunjukkan bahwa kecepatan menulis SSD rata-rata berada di angka 511 MiB/detik, sementara NVMe SSD rata-rata berada di angka 1112 MiB/s. Kecepatan menulis NVMe SSD dua kali lebih cepat dibandingkan SSD.

Hasil benchmark nench.sh untuk disk

Kesimpulan

Product update kali ini di sisi processor dan storage, saya sendiri lebih tertarik ke storage NVMe SSD. Karena kalau dilihat dari sisi biaya, kita bisa mendapatkan NVMe SSD mulai dari $6/bulan dengan kapasitas 25GB, tanpa harus menyewa droplet tipe Storage-Optimized seharga $125/bulan untuk 300GB.

Hasil Lengkap Benchmark nench.sh

Benchmark droplet Regular Intel

Benchmark droplet Premium Intel

Benchmark droplet Premium AMD

Gratis saldo $100 untuk pendaftaran akun baru di DigitalOcean. Daftar di sini.

Selamat mencoba 🙂

Default image
Musa Amin
I am a Linux System Administrator and also write many tutorials about Linux, Cloud, and Open Source. Hire me via email hai[at]musaamin.web.id.
Articles: 724

Leave a Reply