in Internet

Review Web Hosting Qwords

Review Web Hosting Qwords

Qwords adalah perusahaan teknologi internet asal kota Bandung yang menyediakan layanan web hosting dan registrasi nama domain. Qwords telah cukup lama hadir memberikan layanannya, tepatnya tahun 2005 ketika pendirinya Rendy Maulana masih berstatus sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejak bulan November 2011, Qwords berada di bawah bendera PT.Qwords Company Internastional. Menurut data terakhir dari WebHosting.Info per tanggal 3 September 2018, Qwords menghosting 11.108 domain.

Review Web Hosting Qwords

Statistik Qwords versi Webhosting.Info

Qwords saat ini memiliki kantor di 4 kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Qwords juga sudah melebarkan sayapnya ke pasar internasional dan berkantor di Singapura.

Pada tahun 2017, Qwords bersama perusahaan web hosting lainnya di Indonesia mendirikan Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI), di mana pendiri Qwords sebagai Ketua ACHI. ACHI sebagai organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan industri cloud dan web hosting di Indonesia. ACHI tidak hanya memikirkan pengembangan bisnis saja tapi juga bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen web hosting di Indonesia.

Qwords dan Komunitas

Qwords sudah sejak lama dalam berbagai kesempatan sering sekali mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas dengan menjadi sponsor. Komunitas tersebut antara lain komunitas blogger, komunitas open source, komunitas developer, dan komunitas TIK lainnya.

Produk Qwords

Qwords yang mengusung tag line Reliable Fast Web Hosting with Reasonable Price! mendefinisikan dirinya sebagai perusahaan web hosting dengan layanan premium. Meskipun premium tapi Qwords tetap berusaha untuk menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga terciptalah layanan premium dengan harga yang terjangkau dan masuk akal. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai paket layanan web hosting dan server yang ditawarkan oleh Qwords.

Cloud Hosting & Server

Review Web Hosting Qwords

Web Hosting dan Server di Qwords

Public Cloud Hosting

1. Value Performance

Paket Value Performance ditujukan untuk website sederhana seperti website promosi produk, blog, dan email untuk penggunaan personal. Paket ini direkomendasikan untuk orang yang baru memulai masuk ke dunia website.

Tersedia 2 paket hosting Value Performance, yaitu:

  • Cloud Web Hosting E Rp14.500/bulan: storage 1GB, 3 akun FTP, 3 akun email, 3 database, 3 subdomain, dan unmetered bandwidth.
  • Cloud Web Hosting ES Rp29.500/bulan: storage 3GB, 8 akun FTP, 10 akun email, 10 database, 5 subdomain, dan unmetered bandwidth.
2. Medium Performance High Storage

Paket Medium Performance High Storage ditujukan bagi pemilik website yang membutuhkan storage lebih besar serta resources yang dapat diandalkan. Paket ini dapat digunakan untuk keperluan website perusahaan, pemerintah, bisnis online, hingga e-commerce (toko online).

Medium Performance High Storage untuk lokasi server Amerika dan Singapura tersedia dalam 3 paket yaitu Cloud Web Hosting L, XL, dan XXL. Sementara lokasi server di Indonesia ditambah 3 paket lagi yaitu Maxx, Maxx Plus, dan Maxx Ultima Plus.

  • Paket terendah Cloud Web Hosting L Rp59.500/bulan: storage 15GB, 15 database, free domain, unlimited akun ftp/email/subdomain, dan unmetered bandwidth.
  • Paket tertinggi Maxx Ultima Plus Rp349.500/bulan: storage 80GB, 80 database, CPU 4 core, free domain/alpha SSL/website builder/filter, unlimited akun ftp/email/subdomain, dan unmetered bandwidth.
3. High Performance Cloud Hosting

Paket High Performance Cloud Hosting ditujukan untuk pemilik website yang membutuhkan cloud hosting dengan performa tinggi. Paket ini mendukung Python, Ruby, NodeJS, Git, CURL, GD2, Composer, dan SSH yang bisa sangat membantu pekerjaan web developer.

High Performance Cloud Hosting tersedia dalam 14 paket.

  • Paket terendah Mini HPCH Rp45.000/bulan: storage 2GB, CPU 1 Core, RAM 1GB, 20 entry processes, 40.000 inodes, 1MB I/O, 2 database, 2 akun FTP, 80 email/jam, dan unmetered bandwidth.
  • Paket tertinggi HPCH +12 CPA Rp675.000/bulan: storage 29GB, CPU 13.5 Core, RAM 13.5GB, 280 entry processes, 440.000 inodes, 4MB I/O, 52 databases, 52 akun FTP, 800 email/jam, unmetered bandwidth, dan free domain.
4. Unlimited Hosting

Unlimited Hosting secara umum merujuk spesifikasi disk space atau storage. Yang perlu diperhatikan di unlimited hosting adalah jumlah inodes yang diberikan. Inodes adalah jumlah file yang dapat ditampung di sebuah akun web hosting.

Unlimited Hosting terdiri dari 3 paket, di mana semua paket ini unlimited disk space, bandwidth, akun FTP, database, akun email, dan subdomain. Selain itu mendapatkan free domain dan SSL.

  • Signature Rp19.900/bulan: CPU 1 Core, 5 addon/parked domain, dan inodes 75.000.
  • Premiere Rp29.900/bulan: CPU 2 Core, unlimited addon/parked domain, dan inodes 150.000.
  • Infinite Rp39.900/bulan: CPU 3 Core, unlimited addon/parked domain, dan inodes 250.000.
5. WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah web hosting yang telah dioptimasi khusus untuk melayani website berbasis cms WordPress. Qwords membuka percobaan gratis (Free Trial) WordPress Hosting selama 30 hari.

WordPress Hosting tersedia dalam 11 paket.

  • Paket terendah Base CloudPop Rp50.000/bulan: storage 5GB, RAM 1GB, CPU 1 Core, 30 entry processes, 50.000 inodes, 5 addon domain, 2 akun FTP, 2 database, unlimited akun email, dan 60 email/jam.
  • Paket tertinggi CloudPop 10 Rp300.000/bulan: storage 25GB, RAM 6GB, CPU 6 Core, 130 entry processes, 150.000 inodes, 5 addon domain, 22 akun FTP, 22 database, unlimited akun email, dan 260 email/jam.

Cloud Public Virtual Server

VPS (Virtual Private Server) menjadi pilihan ketika web hosting sudah tidak bisa lagi memenuhi requirements yang dibutuhkan oleh aplikasi yang dihosting. Misalnya aplikasi tidak menggunakan bahasa pemrograman PHP yang umumnya dilayani oleh web hosting.

1.Cloud VPS Double Speed

Disebut sebagai Cloud VPS Double Speed karena storage yang digunakan sudah SSD (Solid State Drive). VPS ini hanya mendukung sistem operasi berbasis Linux. Cloud VPS Double Speed tersedia dalam 7 pilihan paket.

  • Paket terendah Cloud VPS-D XXS Rp135.000/bulan: Storage 10GB, RAM 1GB, CPU 1 Core.
  • Paket tertinggi Cloud VPS-D XXL Rp2.000.000/bulan: Storage 160GB, RAM 16GB, CPU 16 Core.
2.Cloud VPS Kernel Based

Cloud VPS Kernel Based menggunakan teknologi virtualisasi mesin KVM (Kernel-based Virtual Machine) sehingga mendukung sistem operasi Windows dan berbasis Linux.

  • Paket terendah Cloud VPS K-XS Rp250.000/bulan: Storage 20GB, RAM 1GB, CPU 1 Core.
  • Paket tertinggi Cloud VPS K-XL Rp1.550.000/bulan: Storage 160GB, RAM 8GB, CPU 8 Core.
3.Cloud VPS

Cloud VPS masih menggunakan hybdrid storage, gabungan HDD dan SSD dan hanya mendukung sistem operasi berbasis Linux.

  • Paket terendah Cloud VPS XXS Rp135.000/bulan: Storage 20GB, RAM 1GB, CPU 1 Core.
  • Paket tertinggi Cloud VPS XXL Rp2.000.000/bulan: Storage 400GB, RAM 16GB, CPU 16 Core.

Dedicated Bare Metal Server

Dengan menyewa Dedicated Bare Metal Server berarti resources server fisik tersebut sepenuhnya hanya aplikasi kita saja yang menggunakannya. Dedicated Bare Metal Server tersedia dalam 4 paket utama yang menggunakan prosesor Intel Xeon. Paket hemat lainnya menggunakan prosesor Intel Atom, Intel Celeron, Intel Core i3/i5/i7, dan iMac Mini Server i7.

  • Paket terendah Dedicated Server Xeon E3-1230 Paket A Rp2.725.000/bulan: 2 IP Address, RAM 8GB, 2x1TB Storage.
  • Paket tertinggi Dedicated Server Dual Processor Xeon E5-2620 Paket B Rp8.895.000/bulan: 2 IP Address, RAM 32GB, 2x2TB + 1TB Intenal Backup Disk.

Colocation Server

Colocation Server adalah menempatkan server yang kita miliki di Data Center milik Qwords yang berlokasi di Cyber Building 1 Jakarta. Colocation Server tersedia dalam 6 paket.

  • Paket terendah Intel Nuc/Mac Mini Colocation Rp500.000/bulan.
  • Paket tertinggi Full Rack 42U Colocation Rp12.075.000/bulan.

Domain

Review Web Hosting Qwords

Nama Domain di Qwords

Qwords melayani pendaftaran domain Indonesia (.id), domain internasional gTLD (Generic Top Level Domain), dan domain negara ccTLD (Country Code Top Level Domain). Ekstensi domain Indonesia yang paling keren yaitu .id (namakamu.id) sekarang sudah bisa didapatkan dengan harga Rp250.000/tahun. Ekstensi domain gTLD paling populer .com bisa didapatkan dengan harga Rp165.000/tahun. Banyak juga pilihan ekstensi domain gTLD lainnya seperti .xyz, .shop, .live, .website, .red, .space, .store, .today, dll.

Produk & Layanan Lainnya

Qwords juga memiliki produk lain selain produk utama web hosting, server, dan domain.

Paket Promo

Qwords sering sekali menawarkan promo produk. Tips agar tidak ketinggalan promo dari Qwords follow akun media sosialnya (Facebook, Twitter, Instagram). Kalau aktif menggunakan email setiap hari, daftar akun Qwords jika belum menjadi pelanggan, gratis dan tidak harus membeli produk. Ketika ada promo, infonya dikirimkan melalui email sehingga teman-teman tidak akan ketinggalan penawaran menarik dari Qwords.

Gratis Migrasi dan Garansi

Qwords memberikan layanan Gratis Migrasi dari provider web hosting lain. Prosedurnya dengan membuka support ticket melalui Portal Qwords. Qwords juga memberikan Garansi 30 Hari Uang Kembali bagi pelanggan yang baru pertama kali melakukan pemesanan. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Informasi Maintenance

Review Web Hosting Qwords

Email Informasi Migrasi dari Qwords

Qwords selalu memberikan informasi kepada pelanggan melalui email sebelum melakukan maintenance. Informasi maintenance dan gangguan lainnya diinformasikan melalui blog status dan melalui Portal Qwords. Dengan begitu pelanggan bisa memberikan status maintenance server di websitenya sebagai informasi kepada pengunjung website. Contohnya ketika Qwords ingin melakukan migrasi cloud hosting di data center Surabaya ke data center di Jakarta. Tidak sekedar migrasi, kapasitas network data center juga ditingkatkan. Pelanggan diberikan arahan untuk melakukan perubahan konfigurasi DNS records jika tidak menggunakan nameserver milik Qwords.

Blog, Knowledge Base, dan FAQ

Blog berisi artikel seputar teknologi website, development, security, dan info lainnya dari Qwords. Sementara Knowledge Base berisi artikel tutorial teknis seperti penggunaan cPanel, portal, cms, email, dan server. Selain itu terdapat juga halaman FAQ (Frequently Asked Question) yang berisi pertanyaan-pertanyaan dasar yang sering sekali ditanyakan oleh pelanggan.

Mencoba Memakai Web Hosting Qwords

Setelah bercerita panjang kali lebar mulai dari profil Qwords hingga produk dan layanannya, sekarang waktunya bagian hasil percobaan memakai web hosting Qwords.

Spesifikasi Web Hosting
Untuk percobaan ini saya memakai web hosting High Performance Cloud Hosting dengan spesifikasi:

  • 5GB Disk Space
  • 1.5 CPU Core
  • 1.5 GB RAM
  • 40 Entry Processes
  • 80.000 Inodes
  • 1MB Input Output
  • 2 Add-on Domains
  • 4 Databases
  • 4 FTP Accounts
  • 80 Email/hour
  • Unmetered Bandwidth

Ping dan Speedtest

Menguji ping ke web hosting, koneksi internet memakai XL 4G dari kota Pontianak.

Review Web Hosting Qwords

Ping ke web hosting Qwords

Menguji bandwidth web hosting memakai speedtest-cli, dari Qwords ke server My Republic.

Review Web Hosting Qwords

Speedtest Web Hosting Qwords

Uptime

Untuk monitoring uptime saya menggunakan layanan dari UptimeRobot. Setiap 5 menit UptimeRobot akan melakukan pengecekan terhadap website yang dimonitoring, apakah statusnya normal atau tidak. Hasil monitoring UptimeRobot menunjukkan bahwa web hosting Qwords selalu up dan normal.

Review Web Hosting Qwords

Uptime Web Hosting Qwords

Akses SSH

Untuk melakukan pengujian bandwidth dengan speedtest-cli di atas saya harus melakukan remote SSH. Web hosting paket High Performance Cloud Hosting bisa mendapatkan akses remote SSH. Setelah saya coba login SSH, ternyata tidak langsung aktif. Terlebih dahulu kita harus membuka support ticket melalui Porta Qwords. Persyaratannya harus mengirimkan KTP.

Control Panel Web Hosting

Control panel web hosting yang digunakan adalah cPanel yang umum digunakan oleh perusahaan web hosting. Versi cPanel yang terpasang versi 78 yang merupakan rilis terbaru dari cPanel pada saat artikel ini ditulis.

Installer CMS

cPanel memiliki fitur Softaculous Apps Installer yang dapat memudahkan kita dalam instalasi aplikasi CMS, seperti WordPress yang umum digunakan oleh blogger. Dengan Softaculous Apps Installer, kita tidak perlu lagi mengunduh WordPress dari website resminya kemudian mengunggah ke web hosting untuk melanjutkan ke tahapan instalasi. Selain itu, kita tidak perlu menyiapkan database beserta usernya terlebih dahulu. Saya mencoba install WordPress dan berjalan dengan lancar.

Review Web Hosting Qwords

Softaculous Apps Installer di cPanel Web Hosting Qwords

Kirim Email

Email dengan menggunakan nama domain sendiri menjadi salah satu cara dalam mengenalkan website kita. Email juga masih menjadi media komunikasi utama bagi pebisnis. Saya mencoba mengirim email dengan memakai nama domain pengembang.web.id ke gmail.com. Sayang sekali email yang terkirim tidak masuk ke Inbox, tapi masuk ke Spam. Solusi jika seperti ini, email yang masuk ke Spam berikan tanda sebagai bukan spam dengan mengklik Report not spam. Kalau masih masuk ke Spam, hubungi customer support.

Customer Support

Selain faktor harga, teknologi, dan fitur, adanya customer support yang selalu siap memberikan solusi setiap permasalahan yang dihadapi pelanggan juga menjadi salah satu faktor kunci bagus tidaknya sebuah perusahaan layanan web hosting. Customer support yang buruk menjadi salah satu alasan utama pemilik website melakukan migrasi website ke provider web hosting lain.

Selama proses penulisan artikel review ini, saya 3 kali membuka support ticket yang ditujukan ke divisi Technical Support.

  1. Kasus Tidak Bisa Menambah Addon Domain. Support ticket ini saya buka pada hari Minggu.
    • Saya mengirim pesan #1: Jam 08:06
    • Staf membalas pesan #1: Jam 08:13
  2. Kasus Tanya Paket VPS. Support ticket ini saya buka pada hari Selasa.
    • Saya mengirim pesan #1: Jam 14.24
    • Staf membalas pesan #1: Jam 14.39
  3. Kasus Tidak Bisa Akses SSH. Support ticket ini saya buka pada hari Rabu.
    • Saya mengirim pesan #1: Jam 09.04
    • Staf membalas pesan #1: Jam 09.06
    • Saya mengirim pesan #2: Jam 09.11
    • Staf membalas pesan #2: Jam 09.24

Tips Memilih Paket Web Hosting

Qwords menyediakan berbagai paket web hosting dan server. Kemudian muncul pertanyaan, “paket web hosting manakah yang cocok dengan website saya?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut teman-teman harus bisa menentukan kebutuhan dari website yang akan dihosting.

  • Apa bahasa program, database, dan platform website yang digunakan? Apakah bisa terpenuhi dengan web hosting?
  • Apakah website sudah bisa jalan dengan baik dengan menggunakan resources (RAM, CPU) dari web hosting?
  • Berapa besar storage yang dibutuhkan? Selama satu tahun kira-kira berapa besar pertambahan datanya. Jangan lupa storage di web hosting terpakai untuk file website + database + email.
  • Siapa target pengunjung website? Kalau luar negeri, pilih lokasi web hosting yang dekat dengan target pengunjung website.
  • Berapa kebutuhan bandwidth (transfer data)? Semakin banyak pengunjung, jumlah halaman website dan besaran ukuran website yang dibuka, semakin tinggi bandwidth yang dibutuhkan. Untuk yang satu ini Qwords menawarkan unmetered bandwidth.
  • Berapa jumlah domain dan subdomain? Dalam satu web hosting kita bisa menghosting lebih dari satu domain (addon).
  • Berapa jumlah database yang akan dibuat?
  • Berapa dana yang tersedia? Sesuaikan dengan dana yang tersedia.

Kalau masih belum bisa menentukan paket web hosting yang cocok untuk website teman-teman, konsultasikan dengan customer support.

Website Demo

Untuk kebutuhan review web hosting Qwords, saya membuat satu website demo dengan domain pengembang.web.id. Website ini dapat diakses hingga 6 bulan ke depan (29/08/2019). Website ini memakai WordPress v5.1, theme Writee dari Scissor Themes, plugin Akismet Anti-Spam, Classic Editor, Loginizer, dan Really Simple SSL. Website demo ini saya buat untuk teman-teman yang ingin mengetahui kecepatan akses web hosting Qwords bisa mencoba mengakses website demo ini.

Review Web Hosting Qwords

Website Demo WordPress di Web Hosting Qwords

Itulah review web hosting Qwords yang bisa saya tuliskan. Semoga dengan adanya informasi profil perusahaan, produk, layanan, dan pengujian teknis di atas dapat menjadi referensi dalam memilih Qwords sebagai rumah untuk website teman-teman semua.

Update

  • Masalah Kirim Email Masuk ke Spam: Masalah ini sudah ditangani langsung oleh technical support Qwords dengan mengirimkan pesan melalui support ticket.

    Kami informasikan terlebih dahulu untuk penyebab email masuk pada folder spam bisa dikarenakan SPF serta DKIM pada hosting Bapak tidak sesuai.

    Saat ini ini telah kami bantu sesuai kan kembali SPF & DKIM pada hosting Bapak, Untuk mengecek settingan SPF p& DKIM Bapak dapat melihatnya pada Menu Email Deliverability dicPanelnya.

Selamat mencoba 🙂

Write a Comment

Comment