in FOSS

Terminator, Multi Terminal dalam Satu Window

Biasanya kita ingin membuka banyak terminal karena ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara bersamaan di terminal atau ingin melihatnya secara bergantian karena informasi yang ditampilkan saling berkaitan. Misalnya terminal A menampilkan daftar file sedangkan terminal B untuk memodifikasi file yang sudah ditampilkan. Cara yang umum digunakan adalah dengan membuka 2 terminal dan memposisikannya saling berdampingan.


Ada cara yang lebih mudah cukup dengan menjalankan satu window dan memecahnya menjadi beberapa bagian lagi. Aplikasi ini diberi nama Terminator. Cara menggunakannya cukup mudah cukup klik kanan pada Terminator lalu pilih menu split horizontal atau vertical. Saya rasa Terminator cukup membantu bagi seorang network/system administrator yang memonitor beberapa titik secara bersamaan melalui terminal.

Cara Install Terminator di Ubuntu

selamat mencoba 🙂

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.

  • Related Content by Tag