in Software

Tujuan Tersembunyi Game Solitaire dan Minesweeper dari Microsoft Windows

Ada yang sering main game Solitaire dan Minesweeper di Windows ? Tahu tidak game tersebut sebenarnya bukan bertujuan untuk menjadi permainan tapi memiliki tujuan spesifik lain yang tersembunyi dan para pemain tidak menyadarinya.

Microsoft Solitaire yang pertama ada di Microsoft Windows 3.0 pada tahun 1990, dengan game Solitaire pemain tidak perlu lagi membeli kartu dan memainkannya di meja tapi bukan itu tujuannya. Solitaire dirancang agar pengguna komputer bisa menyesuaikan diri dengan penggunaan mouse, karena pengguna komputer pada saat itu sedang beralih dari yang sebelumnya memasukkan perintah berbasis teks (command line interface). Dengan Solitaire diharapkan pengguna terbiasa dengan fungsi mouse drag and drop.

Game Minesweeper diperkenalkan pada Microsoft Windows 3.1 pada tahun 1992. Minesweeper dirancang agar pengguna komputer terbiasa dengan mouse klik kiri/kanan dan bisa mengatur kecepatan dan ketepatan dalam pergerakan mouse.

Dengan metode menggunakan game agar terbiasa dengan penggunaan mouse pengguna bisa lebih lama latihan, lebih menyenangkan dan secara tidak sadar sedang melakukannya dibandingkan dengan merancangnya dalam sebuah tool tutorial penggunaan mouse.

via designtaxi dan mentalfloss