in FOSS, Networking

[Ubuntu] Cara Install GNS3 via PPA

GNS3 (Graphical Network Simulator 3) merupakan perangkat lunak untuk emulator jaringan komputer yang dirilis pertama kali pada tahun 2008. GNS3 memungkinkan untuk mengkombinasikan atau saling menghubungkan perangkat virtual dan perangkat fisik, digunakan untuk mensimulasi jaringan komputer yang kompleks. GNS3 menggunakan perangkat lunak emulator Dynamips agar dapat menjalankan sistem operasi Cisco IOS.

GNS3 digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Exxon, Walmart, AT&T, dan NASA. Selain itu GNS3 populer di kalangan profesional jaringan untuk persiapan ujian sertifikasi. Pada tahun 2015, GNS3 telah diunduh sebanyak 11 juta kali.

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tutorial instalasi GNS3, namun cara itu cukup ribet karena harus melakukan kompilasi dari kode sumber satu persatu. Metode instal kali ini menggunakan PPA repository, cukup menambahkan repositorinya dan jalankan perintah install apt-get seperti biasa. Tutorial instalasi menggunakan Ubuntu 16.04 LTS dan GNS3 yang terinstal versi 1.5.2 sama dengan versi yang ada pada situs resminya pada saat tutorial ini ditulis.

Langkah instalasi GNS3 via PPA

Ketik perintah ini di terminal untuk menjalankan GNS3

gns3

selamat mencoba 🙂

via launchpad.net, wikipedia.org