in Cloud Computing

Berkenalan dengan VPS Khusus Pemula

Berkenalan dengan VPS Khusus Pemula

Ketika Anda memutuskan untuk terjun di dunia pengelolaan website secara profesional, maka Anda secara otomatis harus juga memahami dan mempelajari VPS. Secara singkat, ia merupakan salah satu jenis hosting yang dinilai ringkas dan efisien, tapi bisa diandalkan untuk pengelolaan website yang optimal.

Pada artikel kali ini, kami ingin mengajak Anda berkenalan dengan VPS sehingga nantinya bisa memanfaatkan keberadaannya secara tepat guna. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak uraian berikut ini:

1. Pengertian VPS

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Ia merupakan jenis lainnya dari web hosting yang ada di Indonesia, di mana VPS menggunakan teknologi virtual sehingga mampu membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual dengan kapasitas dan infrastruktur yang setara.

Keberadaan VPS menjadi solusi dari sistem administrator tradisional yang hanya memiliki server fisik yang terbatas. Ketika divirtualisasi, sistem administrator akan menjadi semakin mudah dalam meng-host beberapa server pada satu server fisik.

Lebih lanjut, keberadaan VPS akan membantu sistem administrator agar lebih fleksibel dalam memilih konfigurasi software yang ingin dijalankan. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan yang signifikan dalam hal daya pemrosesan, disk space dan RAM yang biayanya akan lebih rendah.

2. Sistem Kerja VPS

Fitur-fitur yang terdapat dalam VPS bisa dimasukkan ke fitur shared dan dedicated serta memiliki sistem operasi dan tingkat keamanan yang sama dengan komputer sungguhan. VPS bahkan lebih unggul karena lebih murah dan praktis karena perawatan dan manajemennya bisa diserahkan kepada pihak penyedia VPS. Kelebihan yang dimiliki VPS ini sangat cocok bagi pelanggan yang serius mengoptimalkan kinerja websitenya dengan biaya rendah.

VPS mampu melakukan konfigurasi (cloud) secara tertata sehingga terhindar dari masalah ketika dilakukan penggabungan sumber daya beberapa server. Hal ini disebabkan VPS yang telah siap menyediakan kapasitas penyimpanan data yang besar, high uptime, bebas downtime (risiko kehilangan data) untuk upgrade, migrasi langsung, instant provisioning serta menawarkan jenis disk yang berbeda.

Melihat keuntungan yang nyata dari penggunaan VPS dalam pengelolaan web, jangan ragu untuk melakukan sewa VPS murah di DomaiNesia. Jangan takut tidak bisa mengoperasikannya, sebab tim DomaiNesia selalu siap siaga untuk melakukan pendampingan secara maksimal.

3. Karakteristik VPS

Setelah mengetahui pengertian dan sistem kerjanya, mari kita menguraikan tentang karakteristik VPS agar terbangun pemahaman yang lebih komprehensif. Adapun karakteristik VPS di antaranya:

  1. Penggunaannya bersifat aman dan fleksibel jika dibandingkan dengan shared hosting atau reseller hosting biasa.
  2. VPS kerap dibandingkan dengan Dedicated Server. Tapi kedua perangkat ini sebenarnya memiliki perbedaan mendasar dari segi kontrol, ketersediaan sumber daya, migrasi, skalabilitas, deployment, Software Customization, High Availability (HA) serta keamanannya.
  3. Dari segi kontrol, VPS memiliki kendai atas mesin virtual yang terdapat pada cluster dengan mesin virtual lainnya. Di sisi lain, CPU pada VPS menggunakan RAM dan HDD khusus.
  4. Software Customization pada VPS bisa diakses secara penuh oleh klien yang berposisi sebagai admin. Ia bahkan bisa melakukan root control jika diperlukan. Sementara itu, Migrasi pada BVPS dalam cluster lokal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
  5. Cloud VPS memiliki skalabilitas yang sangat terukur sehingga sangat dinamis bagi penggunanya untuk menambah atau menurunkan RAM, HDD serta CPU secara real time tanpa harus khawatir terkena risiko kehilangan data (downtime). Prosesi upgrade maupun downgrade pada VPS pun relatif sangat cepat dan minim risiko.
  6. Karakteristik yang paling menarik dari VPS yakni dari segi biaya, di mana Anda melakukan pembayaran sesuai dengan apa yang Anda gunakan.

  7. Kecepatan kinerja pada VPS juga terjadi pada deployment dan instalasi, di mana prosesnya bisa berlangsung kurang dari dua menit. Di sisi lain, risiko kegagalan data tersimpan tidak akan berdampak meluas, melainkan hanya terjadi pada satu titik terpusat saja. Ini disebabkan Cloud VPS yang menyimpan data pada beberapa server alias bersifat High Avaiability.
  8. VPS unggul dari segi keamanan, di mana akses root pada VPS mampu memastikan tidak ada yang bisa mengakses data selain pengguna maupun pihak yang diizinkan. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar memilih perusahaan hosting yang terpercaya sehingga perusahaan yang juga berposisi sebagai admin bisa tetap menjaga keamanan data Anda.

VPS Murah Handal dari www.domainesia.com/vm

4. Kesimpulan

VPS merupakan perangkat yang sangat bisa Anda andalkan dalam agenda pengembangan website secara maksimal. Secara ringkas, deployment pada VPS bersifat instan serta biaya entri-nya tidak mahal. Di sisi lain, VPS juga bersifat fleksibel di mana proses upgrade dan downgrade bisa dilakukan sesuai kebutuhan, sementara proses migrasi bisa dilakukan dengan cepat tanpa risiko kehilangan data.

Setelah megenal dan memahami VPS secara komprehensif, Anda bisa segera melakukan sewa VPS di DomaiNesia dengan biaya super rendah. Anda bahkan bisa data bonus panduan dan bimbingan sehingga penggunaan VPS bisa berjalan efektif. Selamat bekerja sama!

Write a Comment

Comment