in FOSS

Cara Backup Restore Cache APT Ubuntu

Pada saat melakukan instalasi aplikasi di Ubuntu menggunakan perintah APT atau sumber aplikasinya berasal dari repository maka aplikasi yang akan diinstall akan didownload terlebih dahulu paketnya (*.deb). Untuk aplikasi standar yang saya gunakan jumlah cache APT bisa mencapai 1GB. Cache APT dapat dibackup untuk kemudian digunakan lagi pada komputer lain yang ingin menginstall Ubuntu versi yang sama, jadi dapat menghemat bandwidth dan kuota sampai 1GB.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan perintah dasar terminal yaitu copy (cp). Lokasi folder cache APT berada di /var/cache/apt/archives. Semua file .deb yang terdapat pada folder tersebut akan dicopy ke folder ~/Documents/Cache-APT-Ubuntu-14.04-32bit.

Buka terminal (CTRL+T)
Perintah backup

Perintah restore, mengcopy file backup ke folder cache
File backup sebelumnya sudah dicopy ke komputer yang baru selesai diinstall

Selanjutnya tinggal lakukan perintah update dan install. Pada saat perintah install file yang didownload tidak terlalu besar lagi karena file .deb yang dibutuhkan sudah ada. Contohnya saya ingin menginstall VLC, karena sudah ada cache jadi tidak perlu lagi mendownload 10,7MB tinggal menjalankan instalasi.

Terminal, Install VLC

Jadwal Backup

Backup dapat dijadwalkan secara otomatis dengan menggunakan crontab.

Buat file script bash backup simpan di folder /home/user

Aktifkan atribut executeable

Set crontab

Tambahkan script di bawah ini, perintah untuk menjalankan script backup sekali dalam seminggu. Contoh penulisan waktu dapat dibaca pada artikel Crontab, Penjadwalan Secara Otomatis di Linux.

selamat mencoba 🙂