in FOSS

Hal Yang Dilakukan Setelah Install Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr

Ubuntu 14.04 yang sudah diinstall sudah siap digunakan untuk office, internet, dan multimedia. Namun begitu masih ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Driver Hardware
Periksa apakah semua hardware bisa terdeteksi dan berfungsi dengan baik. Hardware jaringan, audio, video, webcam, dll. Cek di Addtional Drivers untuk menginstall driver proprietary. Klik logo Ubuntu atau tekan tombol Super (logo Windows) pada keyboard lalu cari Software & Updates. Jika tidak tersedia harus install secara manual, download driver versi Linux dari vendor hardware lalu install. Laptop yang saya gunakan tidak perlu install driver tambahan, semuanya sudah terdeteksi dengan baik. Tinggal menginstall aplikasi saja.

Additional Drivers

Update Repository dan Update Aplikasi
Lakukan update repository untuk memperbaharui daftar aplikasi yang berada di server repository. Setelah update repository akan ditampilkan apakah ada update aplikasi yang perlu diupgrade.

Software Updater, mengecek update

Software Updater, ada paket yang perlu diupdate

Software Updater, menginstall update

Software Updater, selesai update

Install Codec Multimedia, Flashplayer, Rar, dan Java
Ubuntu belum bisa langsung digunakan untuk membaca beberapa format file karena terkait dengan masalah hak cipta. Seperti mp3, rar, Java, dan flashplayer. Buka aplikasi Terminal atau dengan menekan tombol CTRL+T, lalu ketikkan perintah install paket di bawah ini

Terminal, install paket ubuntu-restricted-extras

Terminal, install paket ubuntu-restricted-extras.
Jawab y untuk melanjutkan instalasi

Terminal, Configuring ttf-mscorefonts-installer.
Tekan Tab lalu Enter.

Terminal, Configuring ttf-mscorefonts-installer.
Tekan Tab pilih Yes lalu Enter.

Install Aplikasi Kebutuhan Lainnya
Selanjutnya install aplikasi yang dibutuhkan. Misalnya aplikasi grafis GIMP dan Inkscape. Aplikasi video player VLC dan mp3 player Audacious atau Celementine, walaupun sudah tersedia aplikasi default untuk audio dan video. Buka Ubuntu Software Center lalu cari aplikasi yang ingin diinstall.

Ubuntu Software Center

Ubuntu Software Center

Ubuntu Software Center

Install Aplikasi Jaringan dan Internet
Install Samba yang berfungsi untuk berbagi file/printer dalam jaringan. Dan install Dropbox sebagai pengganti cloud storage UbuntuOne yang akan ditutup.

Install Aplikasi Utilities
Aplikasi pendukung yang sering dibutuhkan yaitu Unetbootin untuk membuat LiveUSB, aplikasi partisi GParted, Ubuntu Tweak untuk tweaking Ubuntu, dan Wine untuk menjalankan .exe di Linux.

Setting Privacy
Nonaktifkan hasil pencarian dash dari internet

Security & Privacy

Itulah beberapa hal yang biasanya saya lakukan setelah menginstall Ubuntu.

selamat mencoba 🙂

  • alitebok

    thank u gan,. sangat membantu sekali.