Cara Install Brave Browser di Ubuntu 20.04

Cara Install Brave Browser di Ubuntu 20.04

Brave adalah web browser open source berbasis Chromium dan Blink yang dikembangkan oleh Brave Software. Brave Software sendiri didirikan pada tahun 2015 oleh Brendan Eich (kreator JavaScript, mantan CEO Mozilla Corporation) bersama Brian Bondy.

Privacy-First Browser

Keunggulan utama dari Brave browser adalah secara default melindungi privasi penggunanya saat berselancar di internet yaitu dengan cara memblokir iklan dan pelacak website yang menganggu. Selain untuk melindungi privasi pengguna pemblokiran tersebut berdampak pada load website yang lebih cepat dan menghemat bandwidth.

Brave stats
Brave stats

Brave mengklaim 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan Chrome dan privasi lebih baik dibandingkan dengan Firefox. Selain itu lebih hemat 35% daya baterai untuk versi mobile browser. Brave mendukung semua sistem operasi, Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android.

Fitur privasi lainnya tersedia private window tambahan yang terhubung dengan jaringan Tor. Lalu lintas jaringan saat browsing dengan menggunakan jaringan Tor akan dialihkan ke beberapa server dan dienkripsi sehingga IP address dan lokasi pengguna yang sebenarnya tidak diketahui.

Brave private window with Tor
Brave private window with Tor

Install Brave di Ubuntu

Berikut ini cara install Brave di Ubuntu. Cara ini dapat juga dilakukan di distro Debian dan Linux Mint.

Pasang repository Brave browser.

Update dan install Brave browser.

Selamat mencoba 🙂

Dukung blog ini dengan donasi via Trakteer.id, PayPal, atau Jenius Pay $musaamin.

Default image
Musa Amin
I am a Linux System Administrator and also write many tutorials about Linux, Cloud, and Open Source. Hire me via email hai[at]musaamin.web.id.
Articles: 745

Leave a Reply