in FOSS, Networking

Cara Install FTP Server dengan VsFTPd di Ubuntu

File Transfer Protocol (FTP) adalah standar protokol jaringan pada layer application yang digunakan untuk melakukan transfer file antara client dan server, dengan nomor port 21. Ada 3 aplikasi FTP server yang umum digunakan di Unix-like yaitu Pure-FTPd, VsFTPd, dan ProFTPd. Pada tutorial ini saya menggunakan VsFTPd (Very secure FTP daemon) di Ubuntu 16.04.

Install vsftpd

Konfigurasi

Konfigurasi dasar

Buka file konfigurasi vsftpd.conf

Aktifkan opsi write_enable dengan menghapus karakter # dan ubah nilainya menjadi YES. Opsi ini agar dapat melakukan penulisan file (upload/create/delete) pada server.

Restart service dan cek statusnya

Uji konfigurasi dengan menggunakan aplikasi FTP client seperti FileZilla. Login menggunakan username dan password yang terdapat di sistem server dan upload file.

cara install FTP server dengan VsFTPd di Ubuntu

Konfigurasi chroot_local

Konfigurasi sebelumnya sudah bisa berjalan dengan baik, tapi user yang login bisa mengakses folder yang lain. Untuk itu perlu dikonfigurasi agar user yang login hanya berada pada folder home-nya saja /home/user, tidak bisa lagi mengakses folder lain atau disebut juga chroot jail.

Buka kembali file vsftpd.conf, lalu aktifkan chroot_local_user dan tambahkan opsi allow_writeable_chroot. Setelah konfigurasi, restart service.

Uji kembali konfigurasi. Jika berhasil yang tampil hanya folder / (root), tapi sebenarnya itu adalah folder /home/user.

cara install FTP server dengan VsFTPd di Ubuntu

Konfigurasi local_root

Pada saat berhasil login secara default folder yang dituju adalah folder /home/user. Nah, sekarang bagaimana caranya jika mau diarahkan ke folder lain, misalnya /var/www/user. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan konfigurasi local_root.

Buka file konfigurasi dan tambahkan pada baris paling bawah opsi berikut ini. Jangan lupa restart service setelah konfigurasi.

Buat direktori sesuai nama user pada /var/www dan buat file di dalamnya sebagai penanda bahwa itu folder /var/www/user.

Uji kembali konfigurasi
cara install FTP server dengan VsFTPd di Ubuntu

Konfigurasi Passive Mode

Tambahkan konfigurasi di bawah ini

Konfigurasi dot file (hidden file)

Pada sistem operasi Unix-like, file/folder yang diawali dengan karakter titik (.) menjadi tersembunyi (hidden). Contoh filenya adalah .htaccess. Jika ingin VsFTPd langsung menampilkan dot file tambahkan opsi di bawah ini.

Konfigurasi FTP over TLS

Pada log terdapat pesan Status: Insecure server, it does not support FTP over TLS, yang artinya belum ada enkripsi.

Langkah pertama adalah dengan melakukan generate key

Lalu isi identitas sertifikat

Ubah nilai opsi konfigurasi di bawah ini

Dan tambahkan opsi

Restart service dan uji kembali konfigurasinya. Jika berhasil ditampilkan informasi sertifikat dan Status: TLS connection established.

cara install FTP server dengan VsFTPd di Ubuntu

cara install FTP server dengan VsFTPd di Ubuntu

Sekian dulu tutorial kali, semoga bisa membantu teman-teman sekalian.

selamat mencoba 🙂

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.