in Networking

Cara Mengonlinekan Localhost (Local Server)

Dalam beberapa situasi seorang web developer ingin mengonlinekan atau mengekspos local server (localhost) ke internet dengan tujuan untuk memperlihatkan aplikasi web yang sedang dikembangkan ke client secara cepat saat itu juga. Contoh lain seorang mahasiswa ingin mendemokan tugas akhir aplikasi web yang ia kerjakan dan diminta oleh dosen agar aplikasi web tersebut dapat diakses di internet pada saat ujian. Upload web ke web hosting membutuhkan waktu lagi ditambah harus export import database, dan mahasiswa pada umumnya belum memiliki akun web hosting.

Bagi web developer yang memiliki VPS dapat dengan mudah mengekspos local server ke internet dengan melakukan SSH Remote Port Forwarding. Nah, bagaimana yang belum memiliki VPS atau SSH server? Untuk masalah ini kita bisa menggunakan layanan dari ngrok.com. Ngrok akan membuat tunnel antara local server dengan Ngrok server. Ngrok mendukung sistem operasi macOS, Windows, Linux, dan FreeBSD. Ngrok hanya satu file binary, tidak perlu instalasi paket lain. Ngrok tersedia paket Free dan berbayar.

Cara Menggunakan Ngrok

  1. Daftar akun Ngrok di sini.
  2. Login ke dashboard Ngrok.
  3. Download Ngrok sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.
  4. Unzip file ngrok.zip.
  5. Kemudian jalankan perintah authtoken ke Ngrok server.
  6. Selanjutnya membuat tunnel untuk HTTP port 80.
  7. Kemudian ditampilkan informasi tunnel seperti gambar di bawah ini. Url online dengan sub domain acak ngrok.io, tersedia protokol HTTPS.
    Cara Mengonlinekan Localhost
  8. Akses ke url tunnel.
    Cara Mengonlinekan Localhost
  9. Request ke server dapat dilihat melalui browser dengan url http://127.0.0.1:4040.
    Cara Mengonlinekan Localhost
  10. Kalau ingin melakukan tunnel untuk port TCP lain bisa menggunakan opsi tcp disertai nomor port. Misalnya ingin melakukan tunneling untuk port SSH.

Selamat mencoba 🙂

Write a Comment

Comment