in Security

Hacker Tools Mr.Robot

Selama beberapa tahun hacking tool paling sering muncul dalam film adalah nmap. Nmap pernah muncul dalam film the Matrix, Elysium, The Bourne Ultimatum, Die Hard 4, dan masih banyak lagi (nmap.org/movies).

Serial Mr.Robot juga menampilkan hacking tool agar adegan hacking menjadi lebih realistis tidak sekedar video hacking yang dimainkan. Pada episode-episode Mr.Robot terlihat hacker melakukan komunikasi melalui IRC, menggunakan sistem operasi berbasis Linux dan juga menggunakan hardware Raspberry Pi.

Berikut ini beberapa hacking tool yang tampil di Mr.Robot:

Kali Linux

Dalam beberapa adegan hacker menggunakan distro Kali Linux, sebuah sistem operasi berbasis Linux yang telah dilengkapi dengan hacking tool dengan tujuan penggunaan penetration testing.

wget, shellshock dan John the Ripper

wget adalah perangkat lunak berbasis cli yang digunakan untuk melakukan HTTP requests atau lebih dikenal sebagai perangkat lunak untuk mendownload dari terminal. Shellshock adalah salah satu bug terbesar pada tahun 2014. Dengan adanya bug ini ditambah dengan wget hacker mendownload file /etc/passwd. John the Ripper adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengcrack password.

Canbus Hacking

Baru-baru ini seorang peneliti keamanan berhasil melakukan hacking dan mengambil alih kendali dari mobil Jeep secara remote. Pada adegan Mr.Robot kita dapat melihat candump, salah satu utility Linux untuk melihat pesan canbus.

USB in the car park

Pada salah satu adegan terdapat sistem operasi Windows dimana penjaga keamanan memasukkan USB drive yang dia ditemukan di tempat parkir. Ternyata dalam USB drive tersebut terdapat malware yang berhasil dideteksi oleh AVAST anti-virus. Trik dengan sengaja meninggalkan USB drive di sekitar lokasi target adalah salah satu trik yang paling dikenal untuk mendapatkan kode ke sistem di mana akses ke jaringan target terbatas.

Bluetooth Scanner (btscanner)

btscanner digunakan untuk menyelidiki ponsel si target melalui koneksi bluetooth. Tool ini mencoba mengekstrak informasi sebanyak mungkin dari perangkat bluetooth tanpa harus dipair. Dalam adegan btscanner dijalankan dengan menggunakan distro Kali Linux.

Bluesniff

Bluesniff adalah tool lain yang dapat digunakan untuk menyerang koneksi bluetooth yang aktif. Pada adegan hacker melakukan serangan terhadap keyboard bluetooth.

Metasploit Framework (Meterpreter)

Dalam gambar terlihat shell dari Meterpreter yang merupakan bagian dari Metasploit Framework. Dengan Meterpreter penyerang mendapatkan akses kontrol penuh terhadap sistem target.

Social Engineer Toolkit (SET)

Social Engineer Toolkit adalah framework security yang digunakan untuk melakukan social engineering. Serangan dengan metode phising, sms spoofing, dan wireless access point bisa dilakukan melalui SET.

Browser Netscape Navigator

Windows 95 dan Netscape Navigator disebutkan ketika tokoh utama berpikir tentang langkah pertamanya sebagi seorang hacker. Pada gambar terlihat sedang menampilkan source code HTML dari sebuah halaman website dengan menggunakan Netscape Navigator. Sebuah web browser yang biasanya hanya digunakan untuk berselancar di internet bisa juga digunakan untuk melakukan serangan terhadap aplikasi web atau meniliti profil target dari social media untuk serangan social engineering.

via hackertarget.com