in Internet

Review Klaim Pengembalian Dana dari Doku.com

Halo daeng mas bro mba sis, lama tidak menulis di blog ini, lagi banyak urusan yang lain. Kali ini mau sharing review bagaimana saya mengklaim pengembalian dana yang sudah ditransfer ke doku.com.

Awalnya saya ingin memasang iklan di Facebook dan memilih metode pembayaran melalui transfer ATM, maklum tidak punya kartu kredit. Setelah melakukan transfer ternyata doku mengalami sedikit masalah, tombol back to merchant dalam hal ini kembali ke Facebook tidak berfungsi, sehingga kalau Doku langsung ditutup maka akan kembali ke Facebook untuk mengulangi lagi proses pembayaran.

Kemudian saya mencari email doku melalui websitenya, ternyata tidak ketemu yang ada hanya form kontak saja, ya saya coba saja mengirim melalui form kontak. Isinya hal apa yang saya alami mengenai, transfer yang tidak masuk ke Facebook, dan informasi nomor transaksi, rekening bank yang digunakan, serta waktu transfer. Dan ternyata email saya dibalas sekitar 2 jam lebih setelah mengirim pesan, tepatnya mengirim pesan pada hari Jumat, 02 Oktober 2015 jam 7:43 WIB dan dibalas pada jam 10:41.

Email balasan dari care[at]doku.com menanyakan apakah pembayaran yang saya lakukan mengakibatkan saldo terpotong, jika ya maka diminta mengirim bukti pembayaran. Bukti pembayaran masih saya pegang langsung scan dan kirim.

Balasan email berikutnya meminta informasi nama Facebook, email Facebook, nomor Invoice, tanggal transaksi, currency, dan amount. Untung saja nomor invoice sempat saya tulis di kertas. *untungnaja, salamaki seng.

Balasan email berikutnya berisi informasi bahwa pembayaran saya di Facebook gagal sehingga dana yang sudah ditransfer akan dikembalikan. *horeee. Doku meminta informasi nama pelanggan, nama bank, nama pemilik rekening, nomor rekening, cabang, email facebook. Dan dana akan ditransfer maksimal dalam 7 hari kerja.

Akhirnya pada hari Senin 5 Oktober 2015 pengembalian dana sudah ditransfer. Bisa saja pengembalian dana tersebut dilakukan keesokan harinya setelah saya mengirim email klaim, namun karena waktu transfer harus pada hari kerja jadinya ada spasi 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu.

Dari pengalaman transaksi, teman-teman HARUS mencatat atau paling simpelnya print screen nomor invoice dan nomor transaksi dari doku, dan bukti transfer, sebagai barang bukti, jaga-jaga jangan sampai kejadian yang saya alami terjadi pada teman-teman. Pastikan setelah transfer dana sudah masuk di merchant dalam kasus saya Facebook. Jika tidak masuk segera hubungi doku agar bisa dilakukan proses pengembalian dana.

Sekian dulu review dari saya, semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian.