in Mobile

Cara Rooting Android Acer Z130 [Liquid Z3]

Root adalah nama user administrator pada sistem operasi berbasis Linux/Unix. Dengan user root kita bisa mengakses/memodifikasi sistem atau menjalankan aplikasi dimana hanya root yang bisa melakukannya. Secara default user root tidak diaktifkan pada device Android tapi kita bisa mengaktifkannya, hal ini biasa disebut dengan rooting. Alasan saya ingin melakukan root agar semua aplikasi yang terinstall bisa dipindahkan ke memory external SD Card. Ada banyak cara melakukan root, sewaktu masih memakai Samsung Galaxy Fit root dilakukan dengan menjalankan file update.zip di Android.

Untuk Acer Z130 (Liquid Z3) saya mencoba melakukan root dengan aplikasi Framaroot. Framaroot bisa melakukan root pada berbagai merk smartphone. Cek di sini daftarnya mungkin smartphone Anda termasuk salah satunya. Kelebihan dari Framaroot karena:
1. Merupakan aplikasi Android (format .apk) jadi tinggal install dan jalankan
2. Tidak memerlukan pc dalam proses root
3. Kebanyakan teknik root menggunakan Windows sementara saya memakai Ubuntu

Cara Melakukan Root Acer Z130 dengan Framaroot
1. Unduh Framaroot-1.4.1.apk
2. Sebelum menginstall aplikasi Framaroot centang terlebih dahulu Unknown source pada menu Settings->Security agar instalasi aplikasi dari sumber lain selain Google Play bisa diinstal.

3. Install Framaroot-1.4.1.apk di device Android Acer Z130
4. Buka aplikasi Framaroot, lalu pilih Install SuperSU

5. Jika root sukses maka muncul pesan “Success 🙂 … Superuser and su binary installed. You have to reboot your device”.
6. Setelah Android direstart bertambah satu aplikasi dengan nama SuperSU. Atau bisa juga dengan menggunakan adb shell yang terdapat pada SDK Android, jika mengetik su maka karakter $ berubah menjadi # yang artinya dari user biasa menjadi root.

ADB Shell

Sekarang kita sudah bisa menjalankan aplikasi atau apapun itu yang membutuhkan akses root.

Peringatan : Resiko ditanggung sendiri, sebaiknya backup dulu data Anda sebelum diroot.

selamat mencoba 🙂

via forum.xda-developers.com