in Mobile

Review Pemesanan Kartu x-Card Jenius BTPN

Review Pemesanan x-Card Jenius BTPN

Kartu x-Card Jenius BTPN

Sejak menjadi nasabah BTPN melalui produk fintech Jenius pada tanggal 7 September 2017 saya belum pernah melakukan pemesanan x-Card, hanya m-Card (Kartu Debit ATM) dan e-Card (Kartu Debit Virtual) saja. m-Card belum pernah digunakan untuk tarik tunai di ATM, karena lebih banyak melakukan transaksi (kirim/terima uang) melalui aplikasi. Sementara e-Card sudah saya gunakan untuk melakukan transaksi pembelian pada layanan cloud internasional yang menggunakan mata uang asing (dolar) dan untuk kebutuhan aktivasi akun PayPal.

Apa itu x-Card Jenius?

x-Card adalah kartu debit ekstra dari Jenius BTPN yang ditujukan untuk memudahkan mengatur pengeluaran kebutuhan yang spesifik seperti belanja atau transportasi. Kartu debit fisik ini juga dapat digunakan untuk tarik tunai dan transaksi online/offline. Setiap akun Jenius dapat memesan maksimal 3 (tiga) x-Card kapan saja. Menurut Jenius, ada 3 (tiga) kelebihan x-Card:

  1. Bisa membagi pengeluaran ke dalam pos-pos spesifik di setiap kartu.
  2. Bisa mengatur alokasi dana yang dapat ditambahkan/dikurangi sesuai kebutuhan.
  3. Bisa punya kendali penuh dalam mengatur keuangan menggunakan ujung jari.
Review Pemesanan x-Card Jenius BTPN

Kartu-kartu Jenius

Saya memesan 2 (dua) x-Card, kartu VISA dan kartu GPN. Kartu VISA saya gunakan untuk transaksi internasional dan kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) untuk transaksi lokal. GPN adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan seluruh instrumen pembayaran (ATM, kartu debit, kartu kredit, uang elektronik) dan kanal pembayaran (ATM, mesin Electronic Data Capture [EDC], agen, dan kanal pembayaran lainnya) di Indonesia. Masih tersisa 1 (satu) x-Card yang belum saya pesan sebagai cadangan pada saat dibutuhkan.

Memesan/Membuat x-Card Jenius

Cara memesan/membuat x-Card:

  1. Buka aplikasi Jenius.
  2. Pilih menu Card Center.
  3. Pilih New Card.
  4. Pilih desain dan nama kartu yang diinginkan.
  5. Jika sudah pindah domisili, update terlebih dahulu alamatnya, karena kartu akan dikirim ke alamat tersebut.
  6. Pilih Create New Card.
Review Pemesanan x-Card Jenius BTPN

Membuat Kartu x-Card Jenius

Kartu akan dikirimkan dalam waktu 2-3 (dua sampai tiga) hari kerja. Jika x-Card belum diterima dalam waktu maksimal 2 (dua) minggu, hubungi Jenius Help ([email protected], Twitter @JeniusConnect) untuk mengetahui status pengiriman kartu. Seperti yang saya lakukan sewaktu memesan m-Card, lewat 2 (dua) minggu belum terima kartu.

Saya memesan x-Card pada hari Jumat, 26 Oktober 2018 jam 11.22. Kartu saya terima hari Sabtu, 3 November 2018 jam 20.11. Notifikasi pembuatan kartu dan penerimaan kartu terdapat di email yang digunakan akun Jenius. Jenius memakai jasa pengiriman dari Ninja Xpress untuk pengiriman kartu.

Aktivasi Kartu

x-Card yang baru diterima belum aktif, lakukan aktivasi terlebih dahulu melalui aplikasi Jenius.

  1. Buka menu Card Center.
  2. Pilih Activate pada kartu yang ingin diaktifkan.
  3. Masukkan CVV Code (di belakang kartu).
  4. Masukkan PIN (6 digit) dan konfirmasi PIN.
  5. Pilih Acitave.
  6. Jika sudah aktif terkirim notifikasi dan tombol Activate sudah tidak ada.
Review Pemesanan x-Card Jenius BTPN

Aktivasi Kartu Jenius

Menu pengelolaan x-Card yang lain:

  • Rename Card: mengubah nama kartu.
  • Change Limit: mengubah limit belanja dan penarikan harian.
  • Change PIN: mengubah PIN.
  • Top Up: mengisi saldo.
  • Refund: mengembalikan saldo pada x-Card ke saldo utama.
  • Block Card: memblokir kartu.
  • Delete Card: menghapus kartu.
Review Pemesanan x-Card Jenius BTPN

Kelola Kartu Jenius

Semua pengelolaan kartu dapat dilakukan melalui aplikasi Jenius. Misalnya lupa PIN dan mau diubah, langsung saja buka Jenius. Tidak harus datang ke bank, harus di hari/jam kerja, dan mengantri. Hal ini sangat memudahkan nasabah dan menghemat waktu. Kartu x-Card sudah diterima, saatnya melakukan pengelolaan pengeluaran keuangan dan tercatat.

Teman-teman sudah pesan x-Card? Atau belum daftar akun Jenius? Daftar dengan install aplikasi Jenius, lengkapi datanya, aktivasi di bank BTPN.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian ^_^

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.