in Mobile

Review Jenius BTPN: Transaksi Mata Uang Asing Tanpa Kartu Kredit

review jenius btpn transaksi mata uang asing tanpa kartu kredit

Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan) selama ini lebih dikenal sebagai bank dengan nasabah orang-orang tua, tapi hal itu mulai berubah sejak inovasi perbankan BTPN dalam sebuah produk yang diberi nama Jenius. Jenius adalah produk financial technology (fintech) di mana buku rekening dan transaksi keuangan langsung di ujung jari melalui aplikasi mobile. Jenius ingin memberikan pengalaman baru dalam bertransaksi dan memberikan tool dalam mengelola pengeluaran keuangan.

Saya sendiri menjadi pengguna Jenius karena membutuhkan transaksi mata uang asing tanpa harus menggunakan kartu kredit. Jenius menyediakan kartu debit VISA, berfungsi selayaknya kartu kredit, dapat melakukan transaksi di semua tempat yang menerima VISA. Jika tidak mendukung VISA masih bisa dihubungkan dengan PayPal.

Setelah ada Jenius, nasabah BTPN sudah ramai dengan usia muda, karena untuk menggunakan Jenius harus bisa menggunakan teknologi berupa aplikasi mobile. Itu hanya bisa kita temui pada generasi muda pengguna teknologi. Melalui akun Twitter @JeniusConnect, kita dapat melihat Jenius menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti seminar dan talkshow dengan target anak muda seperti content creator. Calon-calon pengguna yang sangat dekat dengan teknologi.

Selain perubahan di nasabah, BTPN juga melakukan perubahan di organisasinya. Transformasi ke bank digital membuat BTPN menawarkan pensiun sukarela untuk mengurangi karyawan yang pekerjaannya sudah bisa digantikan dengan teknologi. Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan kompetensi di bidang teknologi. Perekrutan karyawan baru diutamakan yang memiliki keterampilan atau keahlian teknologi. Selain karyawan, BTPN juga mengurangi jumlah outlet. (Kontan, KataData, Bisnis.com, JPP.)

Registrasi dan Aktifasi Akun

Untuk mulai menggunakan Jenius install aplikasinya di perangkat iOS atau perangkat Android. Sebelum menggunakan aplikasi Jenius, pastikan koneksi internet yang digunakan cepat dan stabil. Buka aplikasi Jenius dan lakukan pendaftaran akun, isi data yang diperlukan, nomor ponsel, email, upload foto KTP, foto tanda tangan, dan selfie dengan KTP. Terdapat juga permintaan NPWP, jika tidak memiliki NPWP pilih opsi “Saya tidak memiliki NPWP”. Setelah proses pendaftaran akun selesai, selanjutnya adalah melakukan aktivasi akun. Saya melakukan aktivasi akun Jenius dengan mendatangi bank BTPN. Jika identitas yang dimasukkan valid maka akun diaktivasi oleh pegawai bank BTPN. Saya membuat akun jam 09:46 dan aktif pada jam 10:01 berdasarkan informasi dari email yang dikirimkan.

Setelah Jenius aktif, secara otomatis kita juga menjadi nasabah bank BTPN, memiliki nomor rekening untuk mengisi saldo atau melakukan penarikan uang dari rekening. Selain nomor rekening, terdapat $cashtag yang dimasukkan pada saat pendaftaran akun. $cashtag dapat digunakan untuk melakukan transfer ke sesama akun Jenius, tanpa harus menggunakan nomor rekening yang panjang, sangat memudahkan pengguna.

Kartu Jenius

Kartu Jenius ada 3 jenis yaitu m-Card, e-Card, dan x-Card. Kartu yang pertama aktif yaitu e-Card, kartu debit virtual, tanpa kartu fisik, dapat langsung digunakan.

Kartu m-Card adalah kartu debit utama yang dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai dan transaksi. Kartu m-Card akan dikirimkan ke alamat yang dimasukkan pada saat pendaftaran akun. Saya sendiri butuh waktu lama baru bisa mendapatkan kartu m-Card. Akun aktif 7 September 2017, mengirim email ke [email protected] tanggal 27 September 2017 jam 11.00 konfirmasi m-Card belum diterima, mendapat balasan email di hari yang sama 27 September 2017 jam 19.17 bahwa pengiriman kartu di luar Jabodetabek 13 hari kerja. Menerima email bahwa kartu m-Card telah dikirim tanggal 9 November 2017, dan diterima tanggal 14 November 2017. Oh iya selain menghubungi melalui email [email protected], saya juga menghubungi melalui Twitter @JeniusConnect.

Kartu x-Card adalah kartu debit extra terdiri dari 3 kartu fisik, yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pengeluaran uang. Untuk x-Card saya belum melakukan permintaan.

Saldo yang sudah ada di rekening Jenius kemudian digunakan untuk Top-Up ke kartu-kartu yang ingin digunakan. Uang yang sudah masuk ke kartu dapat dikembalikan ke saldo utama dengan melakukan Refund di menu kartu. Jika kartu hilang atau lupa PIN dapat langsung diblokir atau reset melalui aplikasi di ponsel, tidak harus lagi ke kantor bank BTPN.

Transaksi

Transfer Uang

Transfer uang dapat dilakukan dengan mudah, sesama akun Jenius cukup menggunakan $cashtag, dan bank lain memasukkan nomor rekening, mendukung banyak bank. Jenius memberikan kuota 25 kali per bulan bebas biaya transfer antar bank dan penarikan uang di ATM.

Transaksi Langsung dengan x-Card

Pengalaman saya melakukan transaksi langsung menggunakan x-Card yaitu membuat akun trial untuk Google Cloud, di mana kita harus memasukkan metode pembayaran. Google Cloud mendukung metode pembayaran Visa.

Transaksi x-Card dengan PayPal

x-Card dapat digunakan untuk melakukan aktivasi akun PayPal. Saya melakukan pembelian VPS di Vultr dengan menggunakan PayPal yang sudah dihubungkan dengan x-Card.

Beli Pulsa

Sekarang beli pulsa dari Jenius aja, klo lagi ada saldo. Pembelian pulsa minimal Rp 25.000, semua operator tanpa biaya tambahan. Mantap kan.

Keamanan

Untuk menjalankan aplikasi Jenius membutuhkan PIN 6 digit, jika PIN salah ada notifikasi, aplikasi diminimize atau ditutup harus memasukkan ulang PIN. Ketika melakukan transaksi, mengubah data, dan melihat nomor kartu harus memasukkan password terlebih dahulu. Password ini ada masa expire yang harus diganti setiap 5 bulan. Untuk keamanan kartu seperti telah disinggung sebelumnya dapat diblokir atau reset PIN melalui aplikasi.

Setelah menggunakan Jenius, masalah dengan transaksi mata uang asing atau yang mengharuskan menggunakan kartu kredit kini sudah bisa teratasi. Produk dan layanan digital yang selama ini ingin saya pelajari akhirnya bisa tercapai. Dan tentu saja fitur yang ditawarkan membukakan kita jalan dalam mengembangkan bisnis.

Seorang penggiat teknologi digital yang saat ini fokus menggeluti profesi system administrator dengan sistem operasi Linux dan FreeBSD. Anda membutuhkan jasa sysadmin, silakan hubungi melalui email hai[at]musaamin.web.id, Telegram @musaamin, dan WhatsApp 081354302717.