in Cloud Computing

Review VPS DigitalOcean

Review VPS DigitalOcean

DigitalOcean adalah perusahaan penyedia layanan cloud IaaS yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Saya sudah 3 bulan menggunakan VPS dari DigitalOcean untuk kebutuhan production server blog ini. Terima kasih kepada Indonesia Micro System yang telah bersedia menjalin kerja sama dengan menjadi sponsor cloud. Lumayan menghemat biaya operasional untuk production server dan lab virtual untuk ngoprek.

Server DigitalOcean tersebar di 12 lokasi, wilayah yang paling dekat dengan Indonesia ada di Singapura. Jumlah pengguna DigitalOcean dalam hal ini adalah software developer telah mencapai lebih dari 1 juta developer, berasal dari 195 negara, dan telah dideploy 78 juta droplet (istilah VPS/VM di DigitalOcean).

Pembuatan Akun

Pada saat membuat akun baru, kita harus memasukkan metode pembayaran. Metode pembayaran yang diterima oleh DigitalOcean yaitu kartu kredit (Visa, MasterCard, American Express, dan Discover), PayPal, dan kartu debit. Untuk kartu debit disarankan dihubungkan dulu dengan PayPal, cara ini yang saya gunakan. Jadi saya memasukkan PayPal di metode pembayaran DigitalOcean dan harus deposit minimal saldo $5.

Produk

Saat ini terdapat 6 pilihan produk yang tersedia di DigitalOcean:

  1. Droplets: Layanan VPS atau virtual machine. Tersedia distro Linux server dan FreeBSD. Spesifikasi droplet paling rendah RAM 1GB dengan biaya sewa $5/bulan atau $0.007/jam. Sebelumnya saya telah menulis tutorial Cara Membuat VPS di DigitalOcean.
  2. Spaces: Object storage versi DigitalOcean dengan biaya $5/bulan sudah bisa mendapatkan kapasitas 250GB.
  3. Kubernetes: DigitalOcean saat ini sudah bisa membuat Kubernetes Cluster, walaupun masih dalam tahap Limited Access.
  4. Load Balancers: Tersedia Load Balancer yang berfungsi untuk membagi beban server ke beberapa droplet.
  5. Block Storage: Kalau kapasitas disk tidak cukup atau ingin menyimpan data pada disk lain tersedia storage tambahan dengan biaya paling rendah $0.10/GB per bulan.
  6. One-Click Apps: Tersedia image droplet yang telah berisi paket aplikasi seperti Django, Docker, Ghost, GitLab, LAMP, LEMP, WordPress, dll. Jadi kita tidak perlu melakukan konfigurasi satu per satu.

Dokumentasi dan Tutorial

Tersedia dokumentasi tentang cara penggunaan control panel DigitalOcean dan berbagai tutorial teknis seputar server. Saya banyak belajar dari tutorial yang ada di DigitalOcean, sangat banyak membantu bagi para sysadmin, meskipun bukan pengguna DigitalOcean.

Komunitas dan Open Source

Dalam upaya mendukung gerakan open source, DigitalOcean setiap tahun menggelar Hacktoberfest setiap bulan Oktober. Tahun 2018 ini menjadi tahun ke-5 penyelanggaraan Hacktoberfest.

Benchmark

Sekarang kita masuk ke tahapan pengujian VPS/droplet. Di sini saya menggunakan droplet dengan spesifikasi:

  • 1 vCPU
  • RAM 1GB
  • Storage 25GB
  • OS CentOS 7.5 x64
  • Lokasi Singpura
Review VPS DigitalOcean

Info Droplet

ping ke VPS

Provider internet yang saya gunakan untuk pengujian ping adalah Telkom IndiHome di warung kopi.

Review VPS DigitalOcean

ping ke DigitalOcean Singapura

speedtest dari VPS ke Jakarta

Pengujian selanjutnya adalah pengujian kecepatan internet dari VPS Singapura ke CBN Jakarta dengan menggunakan speedtest-cli. Hasilnya kecepatan download 606 Mbit/s dan upload 827 Mbit/s.

Review VPS DigitalOcean

SpeedTest dari DigitalOcean Singapura ke Jakarta

Kecepatan I/O Storage

Pengujian kecepatan I/O storage dengan bench.sh atau bisa dengan perintah dd. Rata-rata kecepatan I/O storage 785.333 MB/s.

Review VPS DigitalOcean

Kecepatan I/O Storage

Video Streaming

Terakhir adalah melakukan pengujian video streaming dengan memonitor bandwidth internet VPS (interface eth0) memakai bmon pada saat video dijalankan.

Review VPS DigitalOcean

Video Streaming

Uptime

Untuk uptime masih aman berdasarkan data monitoring dari Uptime Robot. Server sempat mengalami down karena ada konfigurasi DNS CloudFlare.

Review VPS DigitalOcean

Rekaman Uptime via Uptime Robot

Itulah beberapa pengujian yang saya lakukan pada VPS DigitalOcean. Semoga memberikan gambaran tentang kinerja VPS DigitalOcean dan dapat membantu teman-teman dalam memilih VPS. Yang tertarik pakai DigitalOcean, daftar menggunakan link ini agar mendapatkan credit $100 yang berlaku selama 60 hari.

Write a Comment

Comment